Tokoh-tokoh Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan Perannya

Beberapa tokoh yang berperan penting dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah sebagai berikut:
  1. Ir. Soekarno

    Soekarno atau yang biasa dipanggil Bung Karno lahir di Blitar, Jawa Timur pada tanggal 1901. Beliau meninggal pada 21 Juni 1970. Selain sebagai presiden pertama, Bung Karno sebagai tokoh pada masa perjuangan hingga berhasil merebut kemerdekaan merupakaan sosok yang menjadi panutan bagi para pejuang kemerdekaan yang lain. Beberapa peran Bung Karno diantaranya:
    • Bung Karno menyusun konsep teks Proklamasi di rumah Laksamana Tadashi Maeda  bersama Bung Hatta dan Mr. Achmad Soebardjo.
    • Bung Karno bersama Bung Hatta menandatangai teks Proklamasi atas nama bangsa Indonesia.
    • Bung Karno membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di kediamannya, di jalan Pegangsaan Timur No.56, Jakarta.
  2. Mohammad Hatta

    Mohammad Hatta atau yang populer sebagai Bung Hatta lahir di Bukit Tinggi pada 12 Agustus 1902. Beliau wafat di Jakarta, 14 Maret 1980 dalam usia 77 tahun. Beliau adalah pejuang, negarawan, dan Wakil Presiden pertama Indonesia. Bung Hatta juga merupakan teman seperjuangan Bung Karno. Beberapa peran Bung Hatta dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah sebagai berikut:
    • Bung Hatta ikut dalam penyusunan konsep teks Proklamasi di rumah Tadashi Maeda bersama Bung Karno dan Achmad Soebardjo.
    • Bung Hatta Menandatangani teks Proklamasi atas nama bangsa Indonesia bersama Bung Karno.
  3. Mr. Achmad Soebardjo

    Achmad Soebardjo kahir di Karawang, Jawa Barat pada 23 Maret 1896. Beliau wafat pada tanggal 15 Desember 1978 dan merupakan Menteri Luar Negeri Indonesia yang pertama. Selain itu, ia merupakan salah seorang tokoh golongan tua yang berperan dalam mempersiapkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Achmad Soebardjo berperan dalam menyusun konsep teks Proklamasi di rumah Laksamana Tadashi maeda bersama Bung Karno dan Bung Hatta.
  4. Laksamana Tadashi Maeda

    Laksamana Tadashi Maeda adakag seorang Perwira Tinggi Angkatan Laut Kekaisaran Jepang  di Hindia Belanda pada masa Perang Pasifik ia melanggar perintah Sekutu yang melarang para pemimpin Indonesia mempersiapkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Peranannya dalam mempersiapkaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah menyediakan rumah sebagai tempat penyusunan konsep teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
  5. Sukarni

    Sukarni atau yang bernama lengkap Sukarni Kartodiwirjo lahir di Blitar, Jawa Timur pada 14 Juli  1916. Ia wafat di Jakarta pada 7 Mei 1971 dalam usia 54 tahun.Ia merupakan tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia dan salah satu tokoh pemuda yang berjuang melawan penjajah. Adapun peran Sukarni antara lain mengusulkan agar Bung Karno dan Bung Hatta menandatangani teks Proklamasi atas nama bangsa Indonesia.
  6. Fatmawati

    Fatmawati atau yang bernama asli Fatimah lahir di Bengkulu pada tahun 1923 dan meninggal di Jakarta tahun 1980. Ia adalah isteri Bung Karno yang setia menemani selama masa perjuangan. Peranan Ibu Fatmawati adalah menjahit Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih. Bendera inilah yang dikibarkan pada upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta.
  7. Sayuti Melik

    Sayuti Melik adalah tokoh pemuda yang juga berperan dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Peran Sayuti Melik adalah mengetik naskah Proklamasi setelah ia sempurnakan dari tulisan Bung Karno.
Selain tokoh-tokoh di atas, juga terdapat para tokoh yang ikut berperan dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Para tokoh tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Wage Rudolf Supratman: pencipta lagu Indonesia Raya
  2. Dr. K.R.T. Rajima Wedyodiningrat: ketua BPUPKI
  3. Chaerul Saleh: ketua rapat golongan muda
  4. Sudiro dan Yusuf Kunto: bersama Achmad Soebarjo berperan dalam mengembalikan Ir. Soekarno dari Rengasdengklok.
  5. Wikana dan Darwis: mendesak agar Ir. Soekarno segera melaksanakan Proklamasi
  6. Latief Hendraningrat dan Suhud: pengibar Bendera Merah Putih saat Proklamasi
  7. Syaruddin: membawa teks Proklamasi ke kantor radio Domei untuk disiarkan secara luas.
  8. B.M. Diah dan Sumanang: Menyebarkan berita proklamasi melalui media pers.
  9. Mr. Muh Yamin: perumus dasar filsafat negara di dalam Piagam Jakarta.
  10. Teuku Mohammad Hasan, Sam Ratulangi, Ketut Pudja: utusan daerah yang berperan serta dalam menyebarkan berita proklamasi.
  11. Ki Bagus Hadikusumo, Wachid Hasim, Mr. Kasman Singadimedjo, dan Mr. Tueku Muhammad Hassan: kelompok yang berperan menyusulkan perubahan sila pertama Pancasila yang sebelumnya berbunyi "Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya" mejadi "Ketuhanan Yang Maha Esa".
  12. Amir Sjarifuddin dan Syahrir: pemimpin golongan sosialis yang bertugas menguasai KNIP. 
  13. Rakyat Indonesia: ikut mendukung dalam mempertahankan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

0 Response to "Tokoh-tokoh Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan Perannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel