Fakta Menarik dalam Sejarah Pertempuran 10 November di Surabaya


Ada beberapa fakta menarik dari perang Surabaya. Seperti:

  1. Dalam pertempuran ini, Inggris tidak hanya kehilangan satu tapi dua jenderal. Yang pertama adalah Brigadir Jenderal A.W.S. Mallaby dan yang lainnya adalah Brigadir Jenderal R.G.L. Symonds.
  2. Pertarungan di Surabaya mengklaim 20.000 korban jiwa dari pihak Indonesia dan 1.500 dari pihak Sekutu. Jumlah pasti korban dalam pertempuran ini masih belum diketahui.
  3. Kematian Jenderal Mallaby pada dasarnya disebabkan oleh kesalahpahaman. Dalam sosialisasi gencatan senjata, Mallaby mengemudikan mobil Buick milik Residen Surabaya, Sudirman. Tanpa sepengetahuannya, sebuah granat tiba-tiba terbang dan menabrak mobil.
  4. Mallaby langsung meninggal saat mobil tersebut meledak. Namun ada juga versi lain yang menyatakan Mallaby meninggal karena ditembak dalam jarak dekat.
  5. Selain melibatkan TKR, pasukan Hizbullah, dan pasukan Sabilillah, pertempuran ini juga melibatkan TKR Chunking yang terdiri dari orang Tionghoa (Tionghoa) yang tinggal di Surabaya.
  6. Saat pertempuran dimulai, Bung Tomo dipukuli oleh pasukan paramiliter. Pemenangan ini dilakukan berdasarkan instruksi dari Cak Mus a.k.a. Dr. Mustopo. Dr. Mustopo adalah pemimpin Markas Pasukan Jawa Timur.
  7. Selama pertempuran, ada banyak orang Surabaya yang tidak tahu cara melempar granat. Orang-orang ini tidak tahu bahwa ketika mereka melempar granat mereka perlu menarik pin terlebih dahulu.

Ini adalah penjelasan lengkap tentang sejarah Perang Surabaya, yang biasa dikenal dengan Battle of Surabaya. Untuk memperingati pahlawan yang gugur pada perang di Surabaya, maka setiap tanggal 10 November diperingati sebagai hari pahlawan.

0 Response to "Fakta Menarik dalam Sejarah Pertempuran 10 November di Surabaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel