Sejarah Berdirinya Google


Sejarah berdirinya Google dimulai pada tahun 1996 sebagai proyek oleh Larry Page dan Sergey Brin. Larry dan Sergey sama-sama belajar di Stanford University California. Dalam proyek penelitian tersebut mereka menemukan sebuah rencana untuk membuat mesin pencari yang memberi peringkat pada situs web sesuai dengan jumlah situs web lain yang terkait dengan situs tersebut (dan akhirnya menemukan Google yang sekarang). Sebelum Google, mesin pencari menilai peringkat situs hanya dengan berapa kali istilah pencarian yang dicari muncul di halaman web, dan duo mahasiswa tersebut mulai membuat mesin pencari yang "lebih sadar".
Domain google.com telah didaftarkan pada tanggal 14 September 1997 dan Google Corporation dibentuk setahun kemudian pada bulan September 1998. Secara resmi Google berdiri pada tanggal 4 September 1998.
Google mulai menjual iklan dengan pencarian kata kunci pada tahun 2000, dan Google Adwords / Adsense lahir. Iklan ini menggunakan sistem berdasarkan jumlah klik pada url iklan anda dan kemudian dikenal dengan istilah Pay Per Click (PPC).
Istilah PageRank dipatenkan pada bulan September 2001 - istilah ini sebenarnya tidak dinamai berdasarkan pendiri Google, Larry seperti yang dipikirkan beberapa orang, karena ini adalah peringkat halaman (webpage rank).
Juga di tahun 2001 Larry Page berdiri sebagai CEO Google dan mantan CEO Novel. Eric Schmidt. diangkat sebagai CEO baru Google.
Google memindahkan kantornya ke real estat besarnya (dijuluki GooglePlex) di Mountainview California pada tahun 2003, dan masih berbasis di sana hari ini.
Pada tahun 2004, Google meluncurkan layanan email berbasis web gratis, yang dikenal sebagai Gmail. Layanan ini dibuat untuk menyaingi layanan surat online gratis yang disediakan oleh Yahoo dan Microsoft (hotmail). Layanan email gratis yang baru ini mengguncang dasar email gratis dengan penyimpanan email sebesar 1 GB yang mengecilkan daya saingannya sepuluh kali lipat.
Pada tahun 2004 Google meluncurkan Google Earth. Google Earth adalah ciptaan yang menakjubkan yang merupakan peta bumi berdasarkan citra satelit. Bola dunia interaktif di dunia ini memungkinkan Anda mengetik untuk mencari tempat di dunia dan Anda akan secara otomatis dibawa ke bagian dunia ini. Bagian yang keren adalah bahwa dengan Google Earth Anda dapat memperbesar tayangan ke tingkat jalanan dan benar-benar melihat jalan Anda sendiri dan bahkan rumah Anda!
Fakta menarik dalam sejarah Google adalah bahwa pada bulan September 2005, Google membuat kemitraan baru dengan perusahaan yang sangat menarik - NASA. Ini melibatkan pembangunan pusat penelitian dan pengembangan seluas 1 juta kaki persegi di Ames Research Center NASA. Hal ini menarik diikuti beberapa bulan kemudian oleh peluncuran Google Mars dan Google Moon: dua aplikasi Google maps style dibangun di atas gambar bulan dan planet Mars.

Pada tahun 2006 Google meluncurkan Google Video. Google Video adalah alat pencarian baru yang keren. Seperti judulnya, Google video memungkinkan Anda mencari di internet untuk video. Ada ribuan video yang bisa Anda cari; dari video buatan pribadi ke acara TV yang dibuat oleh perusahaan televisi besar.
Pada tahun 2006, Google ditambahkan ke kamus bahasa Inggris Oxford sebagai kata kerja - kata kerja "ke Google" telah menjadi sangat populer sehingga Google bahkan khawatir bahwa nama merek mereka mungkin kehilangan hak cipta dan perlindungan paten mereka, dan memungkinkan perusahaan lain untuk dapat gunakan merek Google secara legal di merek mereka sendiri.
Saat ini Google memiliki pangsa pengendali dominan dari pasar pencarian. Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di internet dengan pangsa pasar 54%. Yahoo! Adalah saingan Google terdekat dengan 23%, kurang dari separuh pangsa Google, dan MSN bahkan jatuh jauh dari Yahoo !, tertinggal jauh di posisi ketiga dengan pangsa pasar 13%. Jika angka-angka ini tidak cukup mengesankan bagi Google, perkiraan independen mengatakan bahwa lebih dari 80% rujukan pencarian berasal dari Google - Google menerima sekitar satu miliar permintaan pencarian per hari - dan dengan perkiraan bahwa Google menghasilkan 12 sen untuk setiap pencarian yang Anda lakukan, Anda dapat melihat bahwa perusahaan Google adalah bisnis yang sangat menguntungkan!

Dengan banyaknya banyak aplikasi dan produk yang dibawa Google, dan kontrol yang dimilikinya di internet mungkin saja Google akan menjadi bagian yang sangat berpengaruh sepanjang hidup kita di tahun-tahun mendatang.

0 Response to "Sejarah Berdirinya Google"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel