Pengertian Taktik Wehrkreise oleh Jenderal Soedirman

Taktik Wehrkreise (berasal dari bahasa Jerman yang berarti lingkaran atau daerah Pertahanan) merupakan sebuah strategi perang Tentara Nasional Indonesia saat menghadapi Belanda pada Agresi Militer Kedua terjadi pada 19 Desember 1948. Latar Belakang diterapkannya Strategi atau taktik perang Wehrkreise bermula saat Belanda melancarkan Agresi Militer Pertama pada bulan Juli 1947 dengan mencoba menyerbu wilayah Republik Indonesia. Untuk menghadapi serang militer Belanda tersebut, tentara Indonesia menerapkan sistem pertahanan linier yang konvensional. Namun pertahanan ini di beberapa daerah berhasil diterobos oleh pasukan Belanda.
Keadaan seperti ini tidak lantas membuat pasukan tentara Indonesia bergerak mundur apalagi menyerah kepada Belanda. Pasukan Indonesia kemudian membentuk strategi perlawanan pada Agresi Militer Belada II. Tentara Nasional Indonesia di bawah pimpinan Jenderal Sudirman bersama Staff TNI menemukan sistem pertahanan melingkar atau lingkaran pertahanan. Sistem ini diadopsi dari sistem pertahanan Jerman yang disebut Wehrkreise yang berarti sistem pertahanan melingkar atau lingkar pertahanan yang diterapkan tentara Jerman saat perang dunia kedua. Sistem ini dipimpin oleh seorang komandan yang membawahi daerah provinsi atau kepulauan. Masing-masing komandan tersebut diberikan mandat secara bebas untuk mengembangkan perlawanan dan mempertahankan daerah. Wilayah Sistem Pertahanan Wehrkreise adalah satu wilayah karesidenan. Sejak diterapkannya Taktik Wehrkreise untuk melawan penjajah, sistem pertahanan linier mulai ditinggalkan tentara Indonesia.
Sistem Wehrkreise ditetapkan penggunaannya menjadi Strategi Militer Indonesia  oleh Jenderal Soedirman melalui Surat Perintah Siasat Nomor 1 pada bulan November 1948.
Setelah ditetapkannya sistem taktik Wehrkreise ini, tentara Indonesia berhasil menguasai daerah-daerah yang dikuasai militer Belanda, seperti yang terjadi di daerah Jawa Barat saat terjadi long march pasukan Siliwangi ke Jawa Tengah. Dalam waktu satu bulan, pasukan TNI dapat memukul mundur pasukan Belanda.

0 Response to "Pengertian Taktik Wehrkreise oleh Jenderal Soedirman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel