Perbedaan Zaman Prasejarah dan Sejarah



Perbedaan Zaman Prasejarah dan Sejarah | Sebelum membahas tentang perbedaan zaman sejarah dan prasejarah, terlebih dahulu marilah kita mengulas dan meluruskan tentang defisi prasejarah. Pasalnya, kita tidak mungkin memahami kehidupan pada era prasejarah secara komprehensif tanpa mengetahui terlebih dahulu definisi prasejarah. Maka dipermulaan posting ini mari kita membahas istilah prasejarah.
Dalam sejarah kehidupan manusia yang paling primitif (purba) sampai paling modern (pada masa kita sekarang), manusia telah melewati dua bentuk  kehidupan, yakni kehidupan prasejarah dan kehidupan sejarah. Apa itu kehidupan prasejarah? Apa itu kehidupan sejarah? Dan, apa yang membedakan keduanya? Pertanyaan-pertanyaan krusial ini sering kali kita tanyakan dan perlu pemahaman yang sistematis dan komprehensif (tidak setengah-setengah) tentang kehidupan manusia.

A. Pengertian Zaman Prasejarah

Menurut beberapa sumber, kehidupan prasejarah adalah sebagai berikut:
1. Menurut Mamat Ruhimat, Zaman prasejarah adalah suatu pembabakan dalam periode sejarah yang berlangsung cukup lama. Hal tersebut ditandai dengan belum ditemukannya salah satu peradaban manusia berupa keterangan tertulis. Periode ini pun ditandai dengan cara hidup berburu dan memungut bahan makanan yang tersedia di alam.
2. Zaman prasejarah adalah zaman atau era ketika manusia belum mengenal tulisan atau era sebelum Masehi. Prasejarah dimulai sejak adanya alam semesta, namun yang lebih umum adalah ketika mulai adanya kehidupan manusia di muka bumi.
3. Zaman prasejarah adalah zaman bermula terbentuknya alam semesta. Namun, umumnya digunakan untuk mengacu pada masa kehidupan di muka bumi yang di dalamnya manusia mulai hidup.
Itulah beberapa definisi tentang zaman atau era prasejarah. Berdasar ketiga definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa zaman prasejarah adalah era atau zaman ketika manusia belum mengenal tulisan. Era ini dimulai sejak alam semesta diciptakan hingga zaman sejarah.

Pengertian Zaman Sejarah

Lalu apa yang membedakan zaman prasejarah dan zaman sejarah?
Berdasarkan definisi sebelumnya, sebenarnya kita telah mengetahui perbedaan antara zaman prasejarah dan zaman sejarah. Nah, yang membedakan zaman prasejarah dan zaman sejarah adalah aspek "tulisan".  Zaman prasejarah ditandai dengan tidak adanya tulisan. Semua peristiwa penting yang terjadi dari waktu ke waktu itu tidak diabadikan dengan tulisan, sehingga tidak diketahui generasi selanjutnya. Baru, setelah ditemukan batu bertulis, peristiwa masa lalu dapat diketahui, dan manusia meninggalkan zama prasejarah untuk memasuki zaman bersejarah.
Prasejarah merupakan bagian dari ilmu sejarah dan permulaan dari sejarah. Berakhirnya zaman prasejarah tidaklah sama bagi setiap bangsa, tergantung pada masa awal bangsa tersebut mengenal tulisan. Misalnya, bangsa Mesir mengenal tulisan sejak 4.000 tahun sebelum Masehi. Ini berarti bangsa Mesir telah memasuki era sejarah sejak 6.000 tahun yang lalu.
Di Indonesia, era sejarah dimulai sekitar abad ke-5, yaitu ketika berdirinya Kerajaan Kutai, yang juga merupakan kerajaan tertua di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya prasasti berbentuk Yupa peninggalan Kerajaan Kutai di tepi sungai Mahakam. Karena tidak ada tulisan pada masa prasejarah, maka peninggalan-peninggalan pada era prasejarah tersebut berbentuk paleontologi, astronomi, biologi, geologi, antropologi, dan arkeologi.
Adapun susunan kehidupan umat manusia, khusunya di Indonesia menurut masa-masa (zaman periode) dari prasejarah hingga zaman sejarah, secara umum adalah sebagai berikut:
  1. Prasejarah = ....... -ca. 1.500s.M.
  2. Protosejarah = ca. 1.500 s.M. - ca. 500 s.M.
  3. Zaman sejarah = 500 M sampai sekarang; terbagi atas masa 500-1.511; masa 1.511-1911; masa 1911-1945; masa 1945-1950; masa 1950-....
Berdasarkan penemuan, kehidupan hewan sudah ada sejak 65 juta tahun yang lalu, dan mereka disebut hewan purba. Misalnya  dinosaurus. Sementara itu salah satu contoh tanaman purba adalah tumbuhan pakis,  yang telah hidup sejak zaman hutan karbon sekitar 65-27 juta tahun yang lalu, dan hidup hingga sekarang.

0 Response to "Perbedaan Zaman Prasejarah dan Sejarah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel