Persamaan dan Perbedaan Gapi dengan PPPKI

Persamaan dan Perbedaan GAPI (Gabungan Politik Indonesia) dengan PPPKI (Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia) adalah sebagai berikut:
Persamaan GAPI dengan PPPKI adalah keduanya sama-sama ingin menyelenggarakan Konggres Rakyat Indonesia. Namun antara GAPI dan PPPKI memiliki perbedaan dalam tujuan pelaksaan konggres tersebut. Adapun perbedaan GAPI dan PPPKI yaitu?
  1. Aksi PPPKI bertujuan untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia, sedangkan GAPI hanya bertujuan untuk menggabungkan partai politik. 
  2. GAPI tidak mempersoalkan Ideologi dan Asas para anggotanya, namun PPPKI memandang kesamaan ideologi dan asas setiap anggota itu penting. Maka dalam PPPKI kaum Indo tidak dapat bergabung.

1.PPPKI (Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia)

Pembentukan PPPKI bertempat di kota Bandung pada tanggal 7 - 18 Desember 1927. Anggota PPPKI terdiri berbagai organisasi seperti Partai Sarekat Islam Indonesia (PSII), Budi Utomo (BU), PNI, Pasundan, Sumatranen Bond, Kaum Betawi, dan Kaum Studi Indonesia. Latar belakang dibentuknya PPPKI adalah untuk menggabungkan beberapa organisasi pergerakan nasional pada waktu itu untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. PPPKI merupakan sebuah pemikiran para tokoh pergerakan nasional.
Tujuan PPPKI:
  1. menghindari segala perselisihan di antara anggota-anggotanya;
  2. menyatukan organisasi, arah, serta cara beraksi dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia; dan
  3. mengembangkan persatuan kebangsaan Indonesia.
Ide untuk mempersatukan berbagai organisasi sebagai dasar pembentukan PPPKI ternyata memiliki kelemahan. Berikut ini ada beberapa faktor yang menyebabkan keretakan tersebut.
  1. Masing-masing anggota lebih mementingkan loyalitas pada masing-masing kelompoknya.
  2. Kurangnya kontrol pusat terhadap aktivitas lokal.
  3. Perbedaan gaya perjuangan di antara organisasi-organisasi anggota PPPKI tersebut.

2. GAPI (Gabungan Politik Indonesia)

GAPI adalah suatu organisasi yang merupakan kumpulan dari berbagai partai dan organisasi politik. GAPI berdiri pada tanggal 21 Mei 1939 di dalam rapat pendirian organisasi nasional di Jakarta.
Meskipun berbagai partai dan organisasi politik tersebut tergabung dalam GAPI, namun masing-masing partai tersebut tetap mempunyai kemerdekaan penuh terhadap program kerjanya masing-masing. Apabila kemudian timbul perselisihan antara partai-partai, GAPI bertindak sebagai mediator. Pimpinan GAPI yang pertama dipegang oleh Muhammad Husni Thamrin, Mr. Amir Syarifuddin, Abikusno Tjokrosujono.
Kepengurusan federasi dijalankan oleh suatu sekretariat tetap yang terdiri atas sekretaris umum, sekretaris pembantu dan bendahara. Jabatan-jabatan ini untuk pertama kali diduduki oleh Muhamad Husni Thamrin dari Parindra sebagai bendahara. Abikusno Tjokrosuyoso dari PSII sebagai sekretaris umum, dan Amir Sjarifudin dari Gerindo sebagai sekretaris pembantu, Anggota GAPI terdiri atas Parindra (Partai Indonesia Raya), Gerindo (Gerakan Rakyat Indonesia), PH (Partai Islam Indonesia), PPKI (Persatuan Partai Katolik Indonesia), PSII (Persatuan Sarekat Islam Indonesia), Persatuan Minahasa dan Pasundan. 
Tujuan GAPI: mengadakan kerjasama dan mempersatukan semua partai politik Indonesia dan mengadakan kongres-kongres rakyat Indonesia.
Pada rapatnya tanggal 4 Juli 1939 GAPI memutuskan pendirian Kongres Rakyat Indonesia (KRI). Pembentukan kongres ini merupakan pelaksanaan program GAPI. GAPI melakukan aksi INDONESIA BERPARLEMEN.

0 Response to "Persamaan dan Perbedaan Gapi dengan PPPKI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel