Kehidupan dan Ciri-Ciri Manusia Purba Meganthropus Paleojavanicus

Kehidupan dan Ciri-Ciri Manusia Purba Meganthropus Paleojavanicus | Meganthropus Paleojavanicus merupakan salah satu manusia purba yang pernah hidup di Indonesia. Manusia purba jenis ini dikategorikan sebagai manusia purba paling premitif. Hal ini karena Meganthropus Paleojavanicus diperkirakan hidup sekitar 2 juta tahun yang lalu. Fosil Meganthropus Paleojavanicus banyak ditemukan di daerah Sangiran, Jawa Tengah. Untuk lebih memahami sejarah perkembangan Meganthropus Paleojavanicus dan ciri-cirinya, jangan lupa untuk membaca sampai akhir ya?


Meganthropus Paleojavanicus jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti mega = besar; palaeo = tua dan java = jawa. Jadi meganthropus paleojavanicus berarti manusiabesar/raksasa yg diperkirakan hidup pertama kali di jawa.

Meganthropus paleojavanicus ditemukan di Sangiran, Sragen, Jawa Tengah oleh ahli purbakala berkebangsaan belanda yang bernama Von Koenigswald antara tahun 1936 sampai 1941 yang mengadakan penelitian manusia purba di Indonesia. Ia bersama timnya menyusuri lembah sungai Bengawan Solo. Pada ekspedisi tersebut, Von Koenigswald bersama timnya menemukan beberapa bagian tempurung kepala dan rahang. Daerah Sangiran termasuk dalam fauna Jetis yang digolongkan dalam lapisan Pleistosen Bawah.  Lapisan Pleistosen merupakan lapisan bumi yang banyak ditemukan manusia purba yang terdapat di seluruh dunia. Fosil Meganthropus Paleojavanicus juga ditemukan di lapisan Pleistosen Bawah.

Ciri-Ciri Manusia Purba Meganthropus Paleojavanicus:
  1. Memiliki tubuh yang besar sehingga dinamakan mega
  2. Memiliki tubuh yang kekar dan tegap
  3. Rahang yang besar dan kuat
  4. Memiliki bentuk geraham seperti manusia tetapi tidak berdagu seperti kera.
  5. Memiliki tulang pipi yang tebal
  6. Ada tonjolan di kening dan belakang kepalanya
  7. Makanan pokok tumbuh-tumbuhan
  8. Hidup pada 2 –1 juta tahun yang lalu.
Pola kehidupan Meganthropus Paleojavanicus pada masa itu masih premitif. Mereka kebanyakan adalah vegetarian yaitu makan makanan yang telah tersedia di alam seperti sayur dan buah-buahan. Mereka hidup nomaden atau berpindah-pindah tempat tinggal, artinya apabila cadangan makanan di suatu tempat habis, mereka akan berpindah ke tempat yang baru. Mereka belum mengenal bercocok tanam. Alat-alat yang digunakan oleh Meganthropus Paleojavanicus cenderung masih premitif dan sederhana, seperti Kapak genggam dan kapak berimbas.

Demikianlah sejarah kehidupan dan ciri-ciri manusia purba Meganthropus Paleojavanicus. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa like fanspage Sejarah Umum ya?

0 Response to "Kehidupan dan Ciri-Ciri Manusia Purba Meganthropus Paleojavanicus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel