√ Pengertian Teks Ulasan, Tujuan, Ciri, Kaidah Kebahasaan, Struktur, dan Contohnya Lengkap

Sahabat  apakah kamu pernah membaca suatu artikel disebuah majalah yang mengulas sebuah buku yang sedang terbit, atau membahas tentang film yang sedang tayang? Nah artikel yang khusus membahas sebuah film atau buku yang sedang terbit disebut dengan resensi atau teks ulasan.
Teks Ulasan
Apa itu teks ulasan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan adalah suatu teks yang berisi ulasan, penilaian atau review terhadap suatu karya seperti film, drama, atau sebuah buku. Teks ulasan disebut juga dengan resensi. Ketika mengulas suatu karya, pengulas harus bersikap kritis agar hasil ulasannya dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan karya tersebut.
  • Tujuan Teks Ulasan
Teks ulasan memiliki beberapa tujuan, yaitu:
  • Menunjukkan pandangan atau penilaian penulis resensi terhadap suatu karya
  • Memberikan informsi kepada publik tentang kelayakan yang dimiliki suatu karya
  • Membantu pembaca untuk mengetahui isi suatu karya
  • Memberikan informasi kepada pembaca tentang kelebihan dan kekurangan karya yang diulas atau diresensi
  • Mengetahui perbandingan karyaa tersebut dengan karya lain yang sejenis
  • Memberikan informasi yang komprehensif tentang suatu karya.
  • Memberi tahu dan mengajak pembaca untuk merenungkan, memikirkan dan mendiskusikan masalah yang terdapat dalam suatu karya.
  • Memberikan pertimbangan pada pembaca apakah suatu karya tersebut pantas untuk dinikmati atau tidak.
  • Memudahkan pembaca dalam memahami hubungan suatu karya dengan karya lain yang serupa.
  • Memberikan pertimbangan bagi pembaca sebelum memutuskan untuk memilih, membeli dan menikmati suatu karya.

  • Ciri-ciri Teks Ulasan

Teks ulasan atau resensi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Strukturnya terdiri atas orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman.
  • Memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis mengenai suatu karya atau produk.
  • Opininya berdasarkan fakta yang di interpretasikan
  • Memiliki nama lain yaitu resensi.

  • Struktur teks ulasan

Struktur teks ulasan merupakan susunan yang membangun sebuah teks ulasan sehingga menjadi suatu teks yang utuh. Struktur teks ulasan terdiri dari beberapa hal berikut:
  • Orientasi

Orientasi merupakan bagian pertama yang menjelaskan tentang gambaran umum sebuah karya baik film, drama maupun sebuah buku yang akan diulas. Bagian orientasi memberikan penjelasan kepada pembaca mengenai apa yang akan diulas.
  • Tafsiran

Tafsiran merupakan bagian yang berisi penjelasan detail mengenai sebuah karya yang diulas, misalnya berisi tentang bagian-bagian suatu karya, keunikan, keunggulan, kualitas, dsb.
  • Evaluasi

Evaluasi merupakan bagian yang berisi pandangan dari pengulas mengenai hasil karya yang diulas. Evaluasi dilakukan setelah pengulas melakukan tafsiran secara cukup terhadap hasil karya tersebut. Pada bagian evaluasi ini pengulas akan menyebutkan bagian yang bernilai atau kelebihan dari karya tersebut. Ataupun bagian yang kurang bernilai atau kekurangan dari karya tersebut.
  • Rangkuman

Rangkuman merupakan bagian yang berisi kesimpulan dari ulasan terhadap suatu karya. Bagian ini juga memuat komentar penulis apakah hasil karya tersebut berkualitas atau tidak untuk ditonton atau dibaca.

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Kaidah kebahasaan dalam teks ulasan terdiri dari beberapa hal:
  • Teks ulasan drama atau film berisi penonjolan terhadap unsur-unsur karya seni yang akan diulas.
  • Menggunakan kalimat opini atau persuasif
  • Menggunakan konjungsi internal dan konjungsi eksternal
  • Menggunakan ungkapan perbandingan baik persamaan atau perbedaan
  • Menggunakan kata kerja material dan kata kerja relasional

Jenis jenis Teks Ulasan

Teks ulasan berdasarkan isinya dibagi menjadi beberapa jenis:

Teks ulasan informatif

Teks ulasan jenis ini berisi gambaran singkat, padat, dan umum suatu karya. Resensi jenis ini tidak menyampaikan isi karya secara keseluruhan, namun hanya memaparkan bagian yang penting saja dan menekankan pada kelebihan dan kekurangan karya tersebut.

Teks ulasan deskriptif

Resensi jenis ini berisi gambaran detail pada tiap bagian suatu karya. Teks ulasan ini biasanya dilakukan pada suatu karya fiksi untuk mendapat gambaran jelas tentang manfaat, pentingnya informasi, dan kekuatan argumentatif yang dituangkan penulis pada sebuah karya.

Teks ulasan kritis

Resensi jenis ini berisi ulasan suatu karya secara terperinci dengan mengacu pada metode atau pendekatan ilmu pengetahuan tertentu. Teks ulasan ditulis secara objektif dan kritis bukan berdasar pandangan subyektif dari penulis resensi. Contoh: Resensi terhadap novel dengan menggunakan pendekatan sosiologi.

Contoh Teks Ulasan

Berikut ini kami berikan contoh resensi tentang Puisi berjudul “Ayah” karya dari Cantika Ayu yang kami sarikan dari thegorbalsla.com dengan pengubahan seperlunya.

Orientasi
Puisi dengan judul “Ayah” ditulis oleh Cantika Ayu. “Ayah” telah diterbitkan di suatu majalah khusus anak dan remaja pada tahun 2017. Puisi ini berisi tentang perjuangan-perjuangan yang dilakukan seorang Ayah. Perjuangan yang dilakukan hanya demi keluarganya yang tercinta. Di dalam puisi ini juga menggambarkan besarnya rasa cinta seorang anak untuk ayahnya.

Tafsiran
Pada bait pertama, digambarkan betapa beratnya perjuangan seorang ayah. Ayah harus bekerja dengan cucuran keringat demi pundi-pundi rupiah. Panas matahari tidak ia permasalahkan lagi. Pada bait selanjutnya digambarkan tentang rasa sayang seorang anak. Ayah merupakan cinta pertama seorang anak. Ayah juga pemberi kebahagiaan dan seorang sosok yang penting utntuk anaknya.
Evaluasi
Puisi ini hadir dengan bahasa yang indah namun tetap sederhana. Kata-katanya sangat mendalam dan mudah dipahami. Selain itu, puisi “Ayah” sangat menyatu dengan kehidupan nyata. Namun, penulisan puisi ini kurang tepat jika dilihat dari kaidah penulisan puisi. Pada bait kedua dan seterusnya hanya terdapat dua baris dengan beberapa kata saja.

Rangkuman
Disamping beberapa kekurangan yang ada, puisi “Ayah” tetap layak diterbitkan. Dengan mengambil tema tentang keluarga, puisi ini dapat dijadikan suatu peringatan. Peringatan itu ialah keharusan seorang anak untuk menyadari sulitnya perjuangan seorang Ayah untuk memenuhi segala kebutuhan keluarga. Seorang anak harus terus menghargai perjuangan yang telah dilakukan ayahnya.

Demikian uraian lengkap tentang Pengertian Teks Ulasan, Tujuan, Ciri, Kaidah Kebahasaan, Struktur, dan Contohnya Lengkap semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan.

0 Response to "√ Pengertian Teks Ulasan, Tujuan, Ciri, Kaidah Kebahasaan, Struktur, dan Contohnya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel