√Pengertian Wartegg Test dan Tips Lulus Cara Mengerjakan Tes Psikotes Wartegg

Apakah kamu tahu pengertian tes Wartegg dan cara mengerjakannya? Jika kamu berniat melamar kerja baik swasta mauapun PNS, mungkin kamu perlu mempelajarinya. Karena tes wartegg merupakan salah satu tes psikologi yang sering diujikan dalam rekruitmen karyawan atau pegawai. Berikut ini ulasan lengkap apa itu tes warteg dan tips cara mengerjakannya.


Pengertian Test Wartegg

Tes wartegg atau tes melengkapi gambar merupakan salah satu tes psikologi yang sering digunakan dalam proses rekrutmen karyawan atau pegawai dalam sebuah perusahaan. Tes yang diciptakan oleh Krugger dan Sander dari University o Leipzig yang kemudian dikembangkan oleh Ehrig Wartegg dan Marian Kinget ini bertujuan untuk mengetahui karakter seseorang dari segi imajinasi, emosi, dinamisme, reality function, dan kemampuannya dalam mengontrol sesuatu.
Dalam tes wartegg terdapat delapan kotak yang masing-masing kotak berisi sebuah gambar yang berbeda-beda mulai dari titik, garis kurva, tiga garis sejajar, kotak kecil yang diberi warna hitam, dua garis saling memotong, titik yang tersusun melengkung dan terakhir garis lengkung cukup besar. Dari delapan kotak tersebut kemudian peserta akan diberi perintah sebagai berikut:
  • Dalam waktu 30 menit, masing-masing peserta akan diminta untuk mengembangkan titik, garis kurva, sampai garis lengkung tersebut hingga masing-masing menjadi sebuah gambar sesuai dengan imajinasinya.
  • Peserta juga akan diberi perintah untuk memberi nomor urut pada gambar mana yang lebih dulu dikerjakan, serta memilih gambar mana yang paling sulit, paling mudah, paling disukai dan tidak disukai serta harus disertai dengan alsannya

Contoh Gambar Tes Wartegg dan Keterangannya


  1. Gambar 1, yaitu gambar yang berupa titik (.) ditengah kotak. Gambar ini menunjukkan karakter seseorang dalam menempatkan diri pada lingkungan baru yang berbeda.
  2. Gambar 2, yaitu gambar yang berupa coretan garis yang meliku seperti gelombang. Gambar berupa garis melengkung ini menunjukkan kehidupan seseorang yang bebas namun dinamis
  3. Gambar 3, yaitu gambar yang berupa beberpa garis vertikal dengan pola tinggi seperti tangga yang semakin tinggi. Gambar ini mengisyaratkan ambisi seseorang dalam meraih cita-cita dan kesuksesan.
  4. Gambar 4, yaitu berupa gambar persegi berwarna hitam yang terletk di bagian atas sebelah kanan. Gambar ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola pikir atau cara Anda dalam menghadapi suatu masalah.
  5. Gambar 5, gambar berupa dua gariss diagonal menyerupai huruf T yang iring namun terpisah ini digunakan untuk menguji bagaimana cara anda berpikir.
  6. Gambar 6, yaitu gambar garis horizontal dan vertikal yang terpisah. Gambar ini menunjukkan suatu kesederhanaan dan realitas.
  7. Gambar 7, gambar yang berupa kumpulan titik membentuk garis lengkung. Gambar ini menunjukkan kehidupan dan perasaan seseorang apakah memiliki sifat yang stabil dan dewasa atau kekanakan.
  8. Gambar 8, gambar yang berupa garis lengkung ke bawah menyerupai payung ini menggambarkan kebijaksaan.

Tips dan Trik Mengerjakan Tes Wartegg


Bagi yang baru pertama kali mengerjakan tes wartegg atau belum pernah mempelajarinya, mungkin agak sedikit bingung untuk mengerjakannya. Nah berikut ini ada beberapa tips dan trik cara mengerjakan tes wartegg agar anda dapat lancar mengerjakannya.

  1. Usahakan untuk menjaga lembar kertas anda agar tetap bersih.
  2. Dalam mengerjakan tes wartegg sebaiknya anda menggambarnya secara kombinasi, misanya 1-2-3-4 kemudian dilanjutkan dengan 8-7-6-5 atau bisa juga dengan kombinasi lain namun jangan terlalu acak. Jika anda bisa mengerjakan secara kombinasi, anda akan dinilai sebagai pribadi yang kreatif, stabil dan konsisten. Jika anda mengerjakan secara berurutan menandakan anda seorang pribadi yang kaku dan konservatif. Namun jika anda mengerjakan secara tak beraturan, ini menandakan anda seorang pribadi yang kreatif dan inovatif namun tidak dapat diatur.
  3. Mulailah menggambar dari yang paling mudah dan jangan berfikir terlalu lama.
  4. Untuk kotak nomor 1,2,7,8 gambarlah makhluk hidup dan bentuk yang menunjukan sifat feminim misalnya kupu.
  5. Untuk gambar 3,4,5,6 gambarlah benda mati dan bentuk yang menunjukkan sifat maskulin misalnya tiang listrik, gedung bertingkat, kamera dll.
  6. Sebaiknya hindarilah menggambar dari nomor 5 atau 7, karena ini akan menunjukkan anda mengalami orientasi yang aneh atau kelainan seksual.
  7. Gambarlah dengan jelas dan mudah dimengerti serta hindari terlalu banyak menghapus. Karena ini akan mnunjukkan baahwa anda adalah orang yang peragu dan tidak terencana.
  8. Selain itu, jangan menggambar terlalu kuat pada garis yang seharusnya lembut karena ini akan menunjukan bahwa anda adalah pribadi yang keras kepala.
Berikut Ini Contoh Hasil Gambar Tes Wartegg
Gambar 1
Gambar 2
Gambar 3
Gambar 4
Kerjakanlah tes warteg dengan fokus dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya serta tanpa perlu banyak berfikir. Jawaban dari tes wartegg tidak ada yang ssalah maupun benar, hanya saja jawaban yang anda berikan akan menunjukkan bagaimana kepribadian anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

0 Response to "√Pengertian Wartegg Test dan Tips Lulus Cara Mengerjakan Tes Psikotes Wartegg"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel