SISTEM SIRKULASI DARAH

Tamanilmu.com - Untuk menunjang proses metabolisme serta mempertahankan hidup, sel-sel yang membentuk jaringan tubuh manusia memperlukan nutrisi (zat makanan) dan gas. Nutrisi,gas maupun berbagai zat penting lainya yang dibutuhkan oleh sel akan diperoleh dari suatu zat yang disebut darah.Jadi,yang dimasud dengan sistem peredaraan darah adalah sistem yang bertugas mendistribusikan nutrisi,gas maupun zat yang dibutuhkan oleh sel-sel manusia.


A. DARAH
     Darah merupakan cairan berwarna merah yang mengandung banyak sel. Darah terdapat di dalam pembulu darah.Warna merah tersebut disebabkan karena kandungan pada darah yang tersusun dari unsur hemin dan globin.Biasa disebut hemoglobin.Warna merah tersebut dapat mengalami perubahan warna menjadi merah tua maupun merah muda. Hal itu tergantung dari kadar oksigen (O2) maupun kadar karbondioksida (CO2) yang dikandungannya. Darah akan berwarna merah muda apabila kandungan oksigen dalam darah tinggi.Begitu juga sebaliknya,darah akan berwarna merah tua apabila kandungan karbondioksidanya tinggi.

     Volume darah manusia sangat bervariasi,bergantung dari jenis kelamin dan usianya.Jumlah darah bayi akan lebih sedikit jika dibandingkan dengan orang dewasa berkisar 5-6 liter.Sedangkan wanita dewasa,volume darah berkisar antara 4 hingga 5 liter. Pada umumnya volume darah manusia adalah 8% dari berat badanya. Darah mempunyai beberapa fingsi, di antaranya sebagai berikut:
  • Mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.
  • Mengangkut Karbondioksid sisa metabolisme sel dari jaringan tubuh menuju ke alat-alat ekskresi untuk di buang ke luar rumah.
  • Mengedarkan sari-sari makanan( nutrisi) dari usus ke jaringan tubuh.
  • Menjaga dan mengontrol suhu tubuh.
  • Mengatur penyebaran hormon dari kelenjar endokrin ke sel-sel dlam tubuh.
  • menutup luka serta mencegah terjadinya Infeksi karena luka.
  • Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh (  pH ) untuk mencegah terjadi kerusakan jaringan tubuh yang disebabkan senyawa buffer.
B. KOMPOSISI DARAH
     Secara  garis besar,komposisi darah terdiri dari dua bagian utama yaitu bagian cairan yang disebutkan dengan plasma darah ( 55%) dan bagian padat yang disebutkan sel-sel darah ( 45%).

1. Plasma Darah
    Plasma darah merupakan bagian darah yang berupa cairan yang tersusun dari beberapa komponen dan berwarna kekuningan.Sebagian besar volume darah berupa plasma darah,yaitu sekitar 55% dari vulome totalnya. 91% bagian dari plasma darah berupa air,dan sisanya berupa sari-sari makan,garam-garam mineral,sisa-sisa metabolisme dan 7% berupa protein darah.Plasma darah tersusun oleh beberapa unsur,antara lain sebagai berikut:
  • Air berfungsi melarutkan zat-zat yang terlarut dalam plasma darah seperti glukosa yang digunakan oleh sel-sel tubuh sebagai sumber energi,asam amino,serta ion-ion lain ( natium dan Klor).
  • Protein merupakan molekul penyusun plasma darah yang keberadaannya sekitar 7% Molekul protein terdiri atas:
  1. Albumin berfungsi untuk mengatur volume darah,menjaga keseimbangan pH dalam darah,serta menjaga keseimbangan kadar air dalam darah.Serum Albumin keberadaannya dalam plasma darah sekitar 4 %.
  2. Globulin berfungsi mengatur peredaran lemak,vitamin,dan hormon dalam tubuh serta menghasilkan protombin dan zat antibodi sebagai sistem kekekalan tubuh .
  3. Fibrinogen berfungsi untuk mrnghentikan pendarahan jika terjadi luka dengan cara membekukan darah.
  • Serum Plasma darah berfungsi sebagai antibodi.
  • opisimin menopang tugas leukosit untuk mematikan mikroorganisme asing yang masuk ke dalam tubuh ( sifat fagosit ).
  • Antitoksin untuk menetralisir toksin ( racun ) yang masuk ke dalam tubuh dengan cara  bergabung dengan toksin yang dihasilkan bakteri sehingga toksin itu tidak berbahaya.
  • Garam-garam mineral (NaCI,KC1, serta garam-garam fosfat) berfungsi untuk menjaga keseimbangan  tekanan darah,menjaga pH darah,serta mengatur daya serap membran sel.
  • Hormon berperan dalam merangsang serta meningkatan fungsi kerja alat-alat tubuh.
  • Karbondioksida merupakan hasil respirasi sel yang harus dibuang ke luar tubuh.
  • Sampah nitrogen merupakan hasil metabolisme yang akan dibuang melalui urine yang sel.      
     Di dalam plasma darah juga terdapat beberapa jenis zat antibodi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melindungi tubuh dari penyakit. Antibodi tersebut dapat bekerja melalui berbagai cara,yaitu menyerang langsung penyebab penyakit yang masuk ke tubuh atau merusak penyebab penyakit yang masuk ke tubuh dengan mengaktifkan sistem komplemen.
        Ada beberapa cara yang dilakukan oleh antibodi untuk melemahkan penyakit atau patogen yang masuk ke tubuh. Di antaranya adalah aglutinasi,presipitasi,netralisasi,dan lisis.Aglutinasi adalah proses penyatuan atau penggumpalan sel atau bakteri yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan serum kekebalan yang bersangkutan.Presipitasi merupakan proses pengendapan ntigen yang diawali dengan terbentuknya molekul besar yang terletak di anatar antigen yang diaali dengan terbentuknya melekul besar yang terletak di anatar antigen yang diawali dengan terbetuknya melekul besar yang terletak di antara antigen yang terlarut.Beberapa antibodi tersebut memiliki pran atau fungsi yang berbeda-beda,anatar lain senagai berikut:
  • Precipitin adalah zat antibodi yang berfungsi untuk menggumpukan antigen.
  • Lisin adalah zat antibodi yang berfungsi untuk menguraikan antigen.
  • Antitoksin adalah zat antibodi yang berfungsi untuk menawarkan racun yang masuk ke dalam tubuh.


         

0 Response to "SISTEM SIRKULASI DARAH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel