Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial Dalam Kehidupan Masyarakat


tamanilmu.com - Tentang interaksi yang mengarah kepada kerjasama dan persaingan pada permainan sepak bola yang di atas ! Para pemain dalam satu kesebelasan saling bekerjasama untuk memenangkan pertandingan>Hubungan antara permain dalam satu kesebelasan merupakan bentuk interaksi kerjasama,sedangkan hubungan antara dua kesebelasan yang saling ingin mengalahkan lawan. Keinginan merupakan bentuk interaksi persaingan,yakni ingin memenangkan pertandingan merupakan bentuknkadang dapat menjurus pada interaksi yang mengarah kepada perpecahan. Pernahkah anda menyaksikan perselisihan antara dua pendukung tim sepakbola ? Perselisihan antar pendukung tim sepak bola merupakan contoh interaksi yang mengarah kepada perpecahan.
     Bantuk interaksi menusia dengan lingkungan sosial ada yang berbentuk asosiatif dan disosiatif . Bentuk interaksi asosiatif adalah interaksi sosial yang mengarah dalam bentuk kerjasama sebagai sebuah proses yang terjadi saling pengertian dan kerjasama timbul balik antar perorangan atau kelompok satu dengan yang lainnya.di mana proses ini menghsilkan pencpaian tujuan-tujuan bersama.

Bentuk-bentuk interaksi asosiatif yaitu :
A. Kerjasama( cooperation )
    Kerjasama yaitu bentuk utama daro proses interaksi sosial karena pada dasarnya interaksi sosial yang dilakukan seseorang bertujuan untuk memenuhi kepentingan atau kebutuhan bersama. Dapatkah anda menemuksn berbagai bentuk kerjasama di sekitar tempat tinggalmu? Dalam bidang apa saja? Ditemukan berbagai bentuk kerjasama dalam kehidupan masyarakat? Koperasi seperti yang ada pada gambar di atas adalah salah satu bentuk hubungan kerjasama. Anda dapat menemukan berbagai bentuk kerjsama dalam berbagai kehidupan masyarakt. Sebagai contoh dalam kegiatan ekonomi,anda dapat mengamati berbagai kegiatan prdusi,konsumsi, dan distribusi.Koperasi sekolah,PT,CV, dan masih banyak lagi itu semuanya merupakan contoh kerjsama dalam interaksi asosiatif.
B. Akomodasi ( accomodation )
     Akomodasi yaitu proses penyesuaian sosial dalam interaksi antar individu dan antar kelompok untuk meredakan pertentangan. Dalam kehidupan sosial,manusia tidak dapat lepas dari pertentangan. Anda dapat mengingat kembanli bagaimana sejarah terjadinya kerja paksa di Indonesia pada masa penjajahan Belanda dan masa penjajahan Jepang. Romusha seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


Merupakan contoh pemaksaan. Apakah rakyat Indonesia rela melakukan kerja paksa tersebut? Tentu saja meraka merasa keberatan dengan pelaksanaan kerja paksa. mengapa mereka mau melakukan kerja paksa ? Mereka bersedia melakukan kerja paksa karena merupakan pilihan paling aman untuk kehidupan mereka. Seandainya mereka menolak,penjajah tidak segan-segan melakukan kekerasan terhadap keluarganya. Sebagai bentuk akomodasi,pemaksaan kehendak oleh individu atau kelompok terhadap individu atau kelompok lain tersebut akomodasi pemaksaan.
Bagaimana dampak terjadinya akodasi pemaksaan? Tentu sangat merugikan bagi individu atau kelompok yang lebih lemah. Contoh lain akomodasi pemaksaan adalah perbudakan pada masa lalu.Perbuatan memberikan kesempatan tindakan semena-mena oleh majikan.
    Dapatkah anda menemukan akomodasi pemaksaan di sekitar tempat tinggalmu? Tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu atau kelompok dominan sering merugikan individu atau kelompok yang lemah.Tindakan semena-mena majikan terhadap pemabntu kadang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai insan yang berperikemanusiaan maka kamu perlu memperhatikan nilai-nilai keadilan saat menjadi orang atau kelompok yang memiliki kekuasaan dan kekuatan yang dominan. Selain pemaksaan,proses akomodasi juga dapat dilakukan dengan car-cara lain. Anda masih ingat bagaimana sengketa Indonesia dan Malaysia dalam masalah Pulau Sipadan dan Ligitan. Kedua negara sama-sama mengklaim kedua pulau tersebut sebagai wilayahnya.Beberapa car dilakukan kedua Negara untuk menyelesaikan Konflik tersebut. Pada akhirnya Indonesia dan Malaysia sepakat menyelsaikan konflik memlaui meja pengadilan internasional.Konflik selesai setelah pengadilan Internasional menyatkan Sipadan dan Ligitan merupakn hak Malaysia.Indonesia menghormati hukum internasional dan ikhlas melepaskan kedua pulau tersebut. Setelah masalah selesai, Indonesia dan Malaysia tetap menjaga hubungan baik.Penyelesaian konflik melalui pengadilan seperti contoh di atas merupakan jenis akomodasi ajudikan. Dalam kehidupan sehari-hari terjadi penyelesaian masalah sengketa memalui pengadilan. Mislanya masalah rebutan kepemilihan lahan yang diselaikan di pengadilan merupakan salah satu bentuk ajudikasi,Hasil pengadilan tidak selalu pua kedua belah pihak. Sebagai masyarkat taat sepantasnya kita selalu menghormati keputusan pengadilan.

C. Asimilasi ( assimilation )
    Asmilasi yaitu proese ke arah peleburan kebudayaan sehingga masing-masing pihak merasakan adanya kebudayaan tunggal sebagai milik bersama. Asimilasi merupakan proses sosial yang ditandai adanya usaha-usaha mengurangi berbedaan yang terdapat antara beberapa oranrg atau kelompok. Misalnya perkawinan antar orang dari suku Jawa dan Suku Minangkabau. kedua suku masyarakat tersebut memiliki perbedaan dalam hal tata cara perkawinan dan berkeluarga. Masyarakat Minangkabau memiliki traadisi warisan melalui garis ibu, sengakan masyarakat Jawa memiliki tradisi warisan keluarga berdasarkan garis ayah. Perkawinan yang berlangsung antara kedua orang yang berbeda budaya merupakan salah satu bentuk asimilasi.

D. Akulturasi ( acculturation )
     Akulturasi yaitu proses sosial yang timbul akibat suatu kebudayaan menerima unsur-unsur dari suatu kebudayaan asing tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan sendiri. Anda perhatikan gambar makan bakpao di bawah ini :


Tahukah anda bahwa bakpao merupakan makan tradisonal khas masyarakat bangsa Tionghoa ? Bakpao banyak dijumpai di Indoensia memiliki isi berbeda dengan bakpao di Tionghoa.
      Di negara asalnya bakpao berisi daging babi tetapi di Indonesia memiliki isi bahan lainnya seperti ayam,sayuran,selai kacang,kacang azuki,kacang hijau, dan sebagainya,sesuai selera. Bakpao merupakan contoh bentuk akulturasi dalam kehidupan masyarakat kita dalam hal makan. Dapatkah anda menemukan berbagai bentuk akulturasi dalam kehidupan di sekitarmu ? Bagaimana sarat terjadinya akulturasi dalam kehidupan masyarkat? Penerima unsur-unsur kebudayaan baru dalam akulturasi antar lain terjadi dengan muda apabila dalam bentuk peralatan yang sangat mudah dipakai dan dirasakan manfaatnya secara langsung. sebagai contoh anda dapat mengamati perubahan cara membajak sawah dari menggunakan tenaga binatang menjadi tenaga mesin ( traktor ) ,penggilingan padi,komputer,bentuk bangunan, dan sebagainya. Salah satu contoh akulturasi seni bangunan adalah bangunan menara Kudus di jawa Tengah.Menara Masjid Kudus mirip bangunan candi atau bangunan Bale Kul Kul yang terdapat di Pura Taman Ayun Bali. bangunan Menara masjid Kudus membuktikan kepada generasi masa sekarang bahwa nenek moyang Indonesia sangat menyukai toleransi. Sunan Kudus mengajarkan agama Islam dengan tetap mengahrgai budaya Hindu BUddha yang berkembang pada masa tersebut.
     bentuk interaksi manusia dengan lingkungan sosial yaitu disosiatif adalah interasi sosial yang mengarah ke bentuk perpecahan atau merenggangkan solidaritas,beberapa proses disodiatif yaitu persingan,Kontravensi, dan pertentangan.

E. Persaingan ( competition )
     Persaingan merupakan bentuk interaksi disosiatif yang banyak kita temukan di lingkungan kehidupan kita. Di dalam sebuah sebuah pertandingan,pasti kita menemukan persaingan merupakan perjuangan yang dilakukan atau kelompok sosial tertentu agar memperoleh kemenangan atau hasil secara kompetiti,tanpa menimbulkan ancaman atau benturan fidik.

 Perdagangan di Sentra industri kulit di atas ! semua toko atau kios tersebut menjajakan dagangan sejienis,yakni kerajianan dari kulit. Pedagang yang ada di sentra industri kulit tersebut jumlahnya banyak,pembelinya juga banyak. Dilihat dari teori ekonomi,sentra industri kulit termasuk contoh pasar. Istilah pasar tentu tidak asing lagi karena anda tentu pernah pergi ke pasar. Nah,apakah pengertian dari pasar? Dalam arti sempit,pasir diartikan sebagai tempat tertemmunya penjual dan pembeli untuk melakukan jual beli barang/jasa.Seperti yang anda lihat bahwa di pasar ada penjual buah-buahan,sayuran maupun barang yang lain. Dengan adanya kemajuan dalam bidang pengetahuan dan teknologi pertemuan antara pembeli dan penjual dapat dilakukan tidak hanya di pasar tetapi dapat terjadi di jalan,di kantor, di rumah dan juga dapat melalui media lain seperti telepon. Berdasarkan urain di atas, pengertian pasar lebih luas lagi bukan sekadar tempat bertemunya pembeli dan penjual, melainkan terjadinya transaksi jual beli antara penjual dan pembeli.
   Dalam pasar sentra industri kulit dapat dilihat bahwa setiap penjual bersaingan untuk mendapatkan pembelian paling banyak.Tepati para pedagangan tersebut tetap hidup rukun dan saling membantu.Itulah gambaran persaingan sehat dalam berbagai pertandingan olehraga,menjadi bintang kelas,kontes kecantikan, dan sebagainya.Persaingan menjadi motivasi positif bagi individu untuk meraih kesuksesan.Tanpa persaingan manusia kurang spirit untuk mencapai keberhasilan.Persaingan yang bail adalah persaingan sehat dan saling membantu.

F. Kontravensi
    Kontravensi menurut KBBI adalah proses persaingan yang ditandai oleh gejala ketidakpastian mengenai pribadi seseorang dan perasaan tidak suka yang disembuyikan terhadap kepribadian sesorang.Kontravensi merupakan bentuk:

Gambar di atas menunjukkan aktivitas konflik yang merupakan interaksi sosial akibat adanya perbedaan paham dan kepentingan yang mendasar, sehingga menimbulkan jarak yang mendasar. sehingga menimbulkan jarak yang terbatas di antara merka yang berkonfil. Merka berkonflik umunnya disebabkan oleh sesuatu yang tidak wajar bahkan saling menjatuhkan. Perebutan wilayah oleh tentara belanda pada saat agresi II.Semuanya dapat dikategorikan dalam konflik dapat berupa tindakan yang berupaya mengalahkan lawan memaksa. Sebagai contoh konflik fisik antara kelompok masyarakat dan konflik antar negara yang dapat menjadi perang terbuka.


0 Response to "Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial Dalam Kehidupan Masyarakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel