Fungsi dan Peran Keragaman agama dalam Pembangunan

A.Agama Sebagai Spirit Pembangunan
    tamanilmu.com - Setiap agama selalu mengajarkan kebaikan dan cita-cita mulai,yang menekakankan bagaiman manusia meyembah Tuhan dan selalu memperjuangkan kehidupan manusia.Semua amal yang dilakukan adalah untuk memperoleh pahal manusia.Semua amal usaha yang dilakukan adalah untuk memperoleh pahala atau kebaikan dar Tuhan Yang Maha Esa.Setiap agama yang dianut masyarakat Indonesia selalu mengajarkan cara berhubungan dengan Tuhan dan berhubungan dengan sesama manusia.Walaupun masyarakat Indonesia memiliki agama yang  berbeda,tetapi semua masyarakat memiliki cita-cita sam untuk membangun bagsa dan negara Indonesia.Keragaman agama tersebut tidak membuat perpecahan masyarakat,tetapai justru menjadi spirit masyarakat Indonesia untuk maju bersama.Sebagai contoh,bagaimana landasan masyarakat melakukan kegiatan atau pekerjaan adalah sebagai ibadah.Harapan tertinggi manusia melakukan perjuangan adalah memperoleh pahala dari Tuhan Masa Esa.Dengan demikian maka agama dapat mendorong masyarakat melakukan pekerjaan dengan motivasi tinggi dan rela berkoban untuk kesejahteran masyarakat.


  Perhatikanlah gambar di atas .Tentang pelantikan Presiden RI dengan melakukan Sumpah Jabatan.Perhatikan Sumpah Presiden RI berikut ini !
Sumpah di atas menggambarkan bahwa seorang presiden di Indonesia



Menjalankan tugasnya karena untuk beribadah kepada tahun yang Esa. Dia akan takut melanggar hukum dan amanah bukan karena takut kepada manusia,tetapi takut kepada Tahun yang Maha Esa.

B.Kontrol Masyarakat Dalam Berpilaku
    Keragaman agama yang ada di Indonesia.memiliki persamaan dalam memandang perbuatan baik dan buruk.Sebagai contoh setiap agama melarang umat manusia mencuri.berbohong,membunuh manusia lain,membuat Kerusakan,dan sebagainya.Setiap agama juga mengajarkan bagaiman manusia menghormati pemeluk agama lain,mengajak manusia lain berbuat baik,amanah pada tugas dan pertanggungjawab,bersikap adil,saling tolong menolong,dan sebagainya.
    Agama mengajarkan manusia untuk mengeoloa kehidupan di muka bumi. Kerana itu agama selalu bagaiman seharusnya umat manusia berperilaku.Setiap ajaran agama mengandung perintah dan larangan yang sangat sesuai dengan kebutuhan umat manusia.Sangat jelas keragaman agama di Indonesia menjadi pendukung pembangunan nasional.



    Perhatikan gambar yang di atas. Seorang koruptor yang dijatuhi hukuman karena melakukan pencurian uang negara. Koruptor tersebut bukan hanya melanggar hukum negara,tetapi juga hukum agama apapun.Hal ini membuktikan bahwa keberagamn agam di Indonesia justru memiliki fungsi dan peran positif dalam pembangunan nasional.
    Setelah kalian memahami bagaiman fungsi dan peran keberagaman sosial budaya dalam pembangunan nasional,kamu memahai bagaiman peran kelembagaan dalam mengelola keragaman sosial budaya untuk pemabnguna nasional. 

0 Response to "Fungsi dan Peran Keragaman agama dalam Pembangunan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel