Fungsi Dan Peran Keragaman Agama

tamanilmu.com - Apakah di sekitar tempat tinggalmu dapat masyarakat yang memeluk keenam agama yang diakui negara Indonesia ? Apakah kamu menemukkan tempat suci umat Isalam,Kristen,Katolik,Buddha,dan Khonghucu ) Apakah di sekitar tempat tinggalmu tidak ada,dan kamu dapat menemukan di kota-kota besar di Indonesia.Agama merupakan pedoman hidup manusia dalam mencapai cita-cita hidup di dunia dan di akhirat. Setiap agama yang dipeluk manusia pasti mengajarkan cara hidup di dunia dan cara hidup untuk mencapai kebahagian di akhirat.

A. Pendidikan
     Fungsi dan peran agama sebagai pendidikan berkaitan dengan pengajaran pengetahuan,sikap,dan keterampilan yang harus dimiliki manusia.Di dalam setiap agama pasti mengajarkan berbagai pengetahuan yang terkaitan dengan kehidupan di dunia dan akhirat.Agama juga mengajarkan nilai-nilai atau sikap yang seharusnya dilakukan umat manusia dalam berhubungan dengan Tuhan dan sesama manusia.Ajaran agama juga berkaitan dengan begaiman manusia memenuhi kebutuhan hidupnya.Sebagai alat pendidikan,agama dapat mewujudkan perannya sebagai motivator dan insperasi masyarakat untuk berkreasi.



B. Penyelamat
    Agama adalah sebagai petunujk manusia untuk mencapai keselamatan  dunia san akhirat,Karena itu agama disebut juga sebagai penyelamat.Umat beragama selalu memiliki resep bagaimana manusia dapat selamat di dunia dan akhirat.Kitab Suci ataupun panduan dalam setiap agama selalu memberikan jalan hidup atau petunjuk bagaiman manusia dapat selamat dunia akhirat.

C. Kontrol Sosial
     Sebagai kontol sosial.agama berfungsi mengatur bagaiman pranata hubungan sosial yang berhubungan dengan masalah sosial,ekonomi,dan sebagainya.Setiap agama memiliki norma-norma yang harus dipetuhi oleh para penganutnya.Sebagai contoh masalah agama mengajarkan bagaimana menghormati orang tua,bersikap dengan orag lain,berhubungan di dalam masyarakat, dan sebagainya.Kamu dapat menemukan contoh di dalam kehidupanmu bagaimana peran agama sebagai kontrol sosial.Sebagai contoh dalam agama Islam,mengatur bagaimana norma berpakaian,bertingkatan laku, dan sebagainya.


    untuk itu coba kalian semuanya lihat gambar di atas .tentang pernikahan dalam agama Islam.Dan setiap agama memiliki pranata dalam melakukan perkawinan antar manusia.Hal tersebut menggambarkan agama sebagai kontrol sosial sangat kuat bagi kehidupan manusia.Terdapat berbagai perintah dan larangan yang harus ditaati manusia.
      

0 Response to "Fungsi Dan Peran Keragaman Agama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel