Fungsi dan Peran SDA Non Hayati Terhadap Pembangunan Ekonomi

tamanilmu.com - Sumber daya alam non hayati merupakan sumber daya alam yang dapat diusahkan kembali keberadaanya dan dapat dimanfaatkan secara terus-menerus,contohnya : air.angin,sinar matahri,dan hasil tambang.
     Air merupakan sala satu kebutuhan utama mahluk hidup.Disamping itu bumi yang kita tempati ini juga didominasi oleh wilayah perairan.Dari total wilayah perairan yang ada,97 % merupakan air asin (wilayah laut,samudra) dan hanya 3% yang merupakan air tawar (wilayah sungai,danau).Seiring dengan pertumbuhan penduduk,kebutuhan akan air,baik itu untuk memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari,maupun energi,terus meningkat.Air juga digunakan untuk pengairan,bahan dasar industri minuman,penambangan,dan aset rekreasi.Di bidang energi,teknologi penggunaan air sebgai sumber listrik sebgai pengganti dari minyak bumi telah dan akan terus berkembang karena selain terbaharukan,energi yang dihasilkan dari air cenderung tidak berpolusi,sepertti tampak pada gamabr berikut.


  Di samping SDA dalam bentuk air,pada era sekarang ini, penggunaan minyak bumi,batu bara,dan berbagai jenis bahan bakar hasil tambang mulai digantikan dengan penggunaan energi yang dihasilkan oleh agin.Angin mampu menghasilakn energi dengan menggunakan turbin yang pada umumnya diletakkan dengan ketinggian lebih dari 30 meter di daerah daratan tinggi.Selain sumbernya yang terbaharukan dan selalu ada,energi yang dihasilkan angin jauh lebih bersih dari residu yang dihasilkan oleh bahan bakar lain pada umumnya.
    Tanah termasuk salah satu sumber daya alam hayati yang penting untuk menunjang pertumbuhan penduduk.Pertumbuhan tanaman pertanian dan perkebunan secara langsung juga terkait dengan tingkat kesuburan dan kualitas tanah.Tanah tersusun atas beberapa komponen,seperti udara,air,mineral.Pengelolaan sumber daya non hayati ini menjadi sangat penting mengingat pesatnya pertambahan penduduk dunia dan kondisi cemaran lingkungan yang ada sekarang ini
    Sumber daya alam hasil penambangan memiliki beragam fungsi bagi kehidupan manusia,seperti,sebagai bahan infrastruktur,kendaraan bermotor,sumber energi,maupun sebagai perhiasan.Berbagai jenis bahan hasil galian memiliki nilai ekonomi yang besar ini memicu eksploitas sumber daya akam tersebut. Indonesia, memiliki pendapatan yang sangat besar dari sektor ini. Oleh karena jumlahnya yang sangat terbatas ,maka penggunaannya harus dilakukan secara efisein. Beberapa contoh bahan tambang dan pemanfaatannya: avtur untuk bahan bakar pesawat terbang; bensin untuk bahan bakar kendaraan disel. Batu bara dimanfaatkan untuk bahan bakar industri dan rumah tangga.Bijih besi untuk peralatan rumah tanggga, pertaniaan dan lain-lain.
   Dalam kehidupam sehari-hari tentunya kita selalu berinteraksidengan lingkungan sekitar. Lingkungan di sekitar kita ini sangat beraneka ragam,ada yang hidup ada pula yang tidak hidup. Coba cermatilah lingkungan sekitarmu ! Temukan sumber daya alam anorganik atau non hayati apa sajakah yang dapat mengidentifikasi dari lingkungan sekitarmu? Sinar matahari,angin,gelombang,tanah,air dan udara merupakan beberapa contoh sumber daya  alam non hayati yang mudah dan tentunya bersinggungan langsung dengan kehidupan kita. Selain contoh di atas ,sumber daya  non hayati yang  tergolong sangat penting yang lain adalah  bahan tambang  seperti emas,timah,perak,nikel,minyak bumi,batubara, dan lain sebagainya. Sumber daya alam non hayati berubah daya alam yang paling dekat dengan kehidupan kita. Sumber daya alam tersebut  sangat kita butuhkan dan tanpa adanya sumber daya alam tersebut kita tidak akan dapat berbahan hidup.Misalkan saja sumber daya air. Air adalah sumber kehidupan di tubuh makhluk hidup di bumi ini sebagian besar terdiri cairan, terutama manusia. Oleh karenanya.kelestarian air harus tetap dijaga agar kelangsungan hidup manusia tetap lestari.
     Sumber daya air di indonesia sangatlah banyak yang meliputi air tawar,air asin,serta air payuh. Sumber daya air asin di Indonesia terdiri dari sumber daya air danau,air sungai,air waduk,air rawa serta air tanah. Pada pembahasan kali ini kita akan menelaah mengenai sumber daya alam non hayati air danau dan sungai.
    Selain sumber daya alam non hayati di atas, ada pula sumber daya alam yang lain yang dapat kita temui di lingkungan sekitar yang termasuk ke dalam sumber daya non hayati yaitu bahan tambang. Keberadaan bahan tambang di Indonesia sangat banyak bahkan sampai diperebutkan oleh masyarakat dunia.Bahan tambang  merupakan semua mineral dan batuan kecuali meineral logam dan energi,yang  digali dan diproses untuk penggunaan akhir industri dan konstrasi termasuk juga mineral logam yang bukan untuk dilebur seperti bauksit,kromit,ilmenit,bijih,mangan,zicon dan lainnya.

0 Response to "Fungsi dan Peran SDA Non Hayati Terhadap Pembangunan Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel