Keunggulan Sumber Daya Alam Untuk Pembangunan Nasional

1. Keunggulan Potensi Sumber Daya Alam Antar Region
     Negara Indonesia yang kita tinggali ini ternya memiliki potensi sumber daya yang sangat melimpah dan tidak pernah habis,serta akan tetap ada sepanjang usia alam itu sendiri yakni manusia,sinar matahari,tanah,hutan,dan laut. manusia dengan akal dan budaya lokal daerah yang beraneka ragam akan menghasilkan beragam teknologi budidaya unggul spesifik lokal.Teknis budidaya yang berbaris pada keragaman fertilitas tanah, yang berkaitan keunggulan komparatif dari jumlah dan mutu pertanian yang dihasilkan dan kelautan yang dapat menopang perekonomiaan Indonesia. Keragaman Sumber daya alam di Indonesia yang dapat dimanfaatkan juga relatif tinggi. Hal ini mengakibatkan munculnya komoditas unggulan daerah yang potensial.


Amatilah gambar di atas ! Apakah di daerahmu terdapat komoditas tanaman ini?Tahukah Komoditas kopi di Kabupaten Lampung Barat dijadikan contoh perkebunan terbaik di Provinsi Lampung Maupun Nasional. Data menunjukan luas lahan tanaman kopi Kabupaten Lampung Barat mencapai 60,347,7 hektare lebih,dengan hasil kopi kering per tahun mencapai 29.712 ton per hektar tahun. Daerah yang subur di mana di dalamnya terdapat  potensi perkebunan yang melimpah, dan tak kurang dari 42 ribu ton per tahun, untuk jenis  kopi organik. Pengelolaan kopi rasa menjadi salah satu tren yang ditunjukkan pada peminat kopi yang diwujudkan oleh masyarakat dengan membuat kopi rasa ini,salah satunya, kopi stroberi, dan kopi luwak, Semakin baiknya mutu serta kualitas kopi Lampung Barat,menjadikan daerah ini sebagai daerah contoh bagi beberapa wilayah di provinsi Lampung dalam peningkatan produksi perkebunan dan mutunya. Setelah kamu melihat keunggulan komoditas daerah lampung,coba kamu temukan komoditas sumber daya alam di daerahmu sendiri.
    Tentu kita sudah tahu tentang jenis-jenis sumber daya  dan persebaran potensinya di Indonesia di subtema sebelumnya.Negara kita memang memiliki beraneka ragam sumber daya alam dan tersebar di setiap wilayah. Pernahkah anda pergi ke pulau kalimantan ? Di Pulau Kalimantan banyak terdapat sumber daya  alam berupa batu bara. Setiap wilayah di Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang berbeda-beda karena memiliki kondisi geografis dan potensi yang tidak sama antara satu wilayah dengan wilayah yang lain. Secara teori setiap wilayah mempunyai keunggulan komparatif tersendiri. Sebagai contoh gambar yang ada di atas misalnya Provinsi Lampung dan Jawa Tengah dapat memproduksi kopi dan beras.Lampung dapat memproduksi kopi secara efisien dan murah. Sebaliknya Jawa Tengah mempunyai keunggulan komparatif dalam memproduksi beras.Ilmu ekonomi menerangkan bahwa perdagangan akan saling menguntungankan jika kedua provinsi tersebut bersedia tukar kopi dan beras. Lalu menurut anda apakah itu keunggulan komparatif ?
    Keunggulan komparatif bila dilihat dari segi politik bisa jadi positif atau bahkan menjadi negatif.Misalnya produk olahan makanan yang ada di jwa Timur yang membanjiri hasil produksinya secara nasional. Industri olahan makanan yang ada di provinsi lain akan menjadi lesu karena kalah besaing dengan harga yang ditawarkan. Sehingga diperlukan kerja sama antar region/wilayah yang mempunyai potensi sumber daya alam yang berbeda karena mengingat keterbatasan sumber daya alam tiap region. Dalam sosiologi menjadikan bahwa manusia adalah makhluk sosial dimana mereka saling membutuhkan. Adanya perbedaan potensi ini diharapkan mampu menyokong daerah lain yang kekurangan, sehingga yang kelebihan mendistribusikan ke yang kurang, yang kurang memanfaatkan bantuan kelebihan dari provinsi lain namun tetap menawarkan sumber daya yang lainuntuk melakukan barter. Sehingga adanya keunggulan komparatif ini dapat mempererat tali persudaraan antar daerah yang membawa persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia karena saling membutuhkan.
    Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian awal, sumber daya alam memiliki peranan penting pembangunan nasional. Sebuah pembangunan tidak akan terjadi jika tidak didorong dengan ketersediaan modal pembangunan yang cukup. Indonesia sangat beruntung memiliki ketersediaan sumber daya yang sangat melimpah ini. Banyak Negara-negara lain iri terhadap kekayaan sumber daya alam yang yang ada di Negara kita ini, sehingga berbagai cara dilakukan agar dapat ikut menikmati sumber daya alam di Indonesia. Kebersihan melakukan pembangunan nasional akan meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Sampai  dengan saat ini,Indonesia belum mampu memanfaatkan potensi sumber daya alam ini dengan baik. Setujukah anda mengenai ini?
     Sebagai modal dasar pemabngunan nasional sumber daya alam tentu haruss dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar dapat menyejahterakan seluruh penduduk Indonesia. Sampai saat ini, sumber daya alam yang tersedia di Indonesia belum dapat dimanfaatkan secara maksimal guna menyejahterakan rakya Indonesia. Indonesia dalam mengekspor sumber daya masih banyak dalam bentuk mentah sehingga harga pun cenderung lebih rendah.
     Pada subtema ini kamu akan mempelajari keunggulan potensi sumber daya alam antar region di Indonesia yang dibagi sumber daya alam hayati dan non hayati.

A. Sumber Daya Alam Hayati Antar Region
     Masih ingatkan kamu apa saja yang termasuk sumber daya alam hatayi ? Dibawah ini akan dijelaskan bagaimana keunggulan potensi sumber daya alam hayati region/wilayah di Indonesia.
1.) Pertanian
      Indonesia adalah negara agraris yang terkenal sejak dahulu.Produksi Hortikultura Indonesia sebenarnya sangat beragam jenisnya, dan hal ini seharusnya bisa menjadi salah satu modal berharga bisa bersaing,baik di pasar domestik maupun global. Namun hal itu juga ditunjang dengan daya saing dan pencitraan

     
produk yang baik. Apa itu hortikultura? tanaman yang awalnya di budidayakan di kebun atau pekarangan, berasal dari Bahasa Latin hortus ( tanaman kebun ) dan cultura/colere (budidaya). Contoh-contohnya adalah tanaman sayur,buah,obat dan bunga.
    Hortikulltura merupakan komoditas yang akan dimiliki masa depan menjanjikan meihat keunggulan komparatif yang dimilikinya dalam pemulihan perekonomian Indonesia waktu mendatang. Oleh karenanya kita harus berani untuk memulai mengembangkannya.Bercermin dari kondisi saat ini mana sebgaian besar memandang sebelah mata pada komoditas hortikultura,sudah saatnya kita untuk memberikan perhatian dan memahami betapa pentingnya komoditi hortikultura tersebut. sesuai dengan program utama Pemerintah Pusat di bidang pertanian yaitu dalam rencana strategi kementerian pertanian 2010-2014, maka pengembangan komoditi hortikutura tidak boleh diabaikan.
     Pernahkah anda mencoba lezatnya buah durian? Durian yang termasuk dalam Familia Bambaceae. Berasal dari daerah tropis di Asi ( Malaysia ) kemudian menyebar ke Asi Tenggara dan berbagai balahan dunia. Pada musim buah durian, berbagai varietas dan tipe diperdagangkan di berbagai pasar dalam negari.untuk pasar luar negeri,penyuluhan rekomendasi varietas unggulan serta adopsi dan aplikasi teknologi budidaya durian di sentra produksi dala upaya peningkatan mutu buah.

    Coba lihat gambar di atas? ini merupakan buah durian yang mana pesaingan Indonesia sebgagai penghasil buah durian adalah Thailand dan Malaysia,Sentra produksi durian di  Indonesia adalah Sumatra Utara,Riau , Jambi, Jawa Barat, Jawa  Timur, dan Kalimatan Barat.Varietas durian yang direkomendasikan untuk dibudayakan adalah Sunan,Sukun, Petruk,Sitokong, Mas, Kane, Matahari dan Hepe. Pada sektor tanman pangan. Indonesia termasuk negara agraris tempat tumbuh jenis tanaman pangan. Pemerintah kolonial Belanda bahkan menyadari potensi ini misalnya dengan membangun irigasi-irigasi untuk mengaliri sawah.
     Salah satu populer adalah tanaman padi karena jumlah konsumsinya paling banyak diminati bahkan sampai impor dari negara tentangga dan perlu kamu ketahui bahwa ada juga yang diekspor misalnya beras organik di Sragen.

0 Response to "Keunggulan Sumber Daya Alam Untuk Pembangunan Nasional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel