Pengukuran Sebagai Bagian dari Pengamatan

1. Pengukuran
    Mengukur adalah kegiatan membandingkan suatu besaran yang diukur dengan besaran sejenis yang dipakai sebagai Satuan. Ketika  anda mengukur panjang meja mengunakan jengkalmu,anda telah menbandingan panjang menja dengan panjang jengkalmu. Panjang meja merupakan besaran yang diukur,sedangkan jengkelmu digunakan sebagai satuan pengukuran. hasil pengukuran masilnya panjang meja sama dengan 6 jengkalmu.
A. Satuan Baku dan Tidak Baku
    Satuan adalah standar ukuran dari suatu besaran.  Satuan yang digunakan dalam mengukur meja adalah jengkal tanganmu, Akan tetapi, pengukuran menggunakan anggota tubuh seperti jengkal tangan,tidak dapat digunakan sebagai standar pengukuran yang baku karena hasilnya yang berbeda-beda. Satuan tersebut dinamakan satuan tidak baku. Satuan tidak baku adalah satuan yang memiliki nilai berbeda-beda dan tidak diakui secara internasional. Contoh satuan tidak baku yaitu jengkal,depa,hasta,tombak,bata, dan kaki. Satu jengkal didefiniskan sebagai jarak antar ujung ibu jari dengan ujung kelingking pada saat jari direntangkan. Satu hasta didefinisikan sebagai jarak satu rentangan tangan orang dewasa. Ukuran jengkal orangIndonesia berbeda dengan ukuran jengkal orang Amerika. Bagitu oyla ukuran hasta dan depa setiap orang tidak sama.
    Penggunaan satuan tidak baku dapat menyulitkan setiap pengukuran yang dilakukan. Sebagai contoh, ketika anda ingin membuat meja belajar dengan ukuran panjang 4 jengkal dan lebar 3 jengkal, anda akan mendapatkan hasil yang tidak sesuai  dengan keinginanmu karena ukuran jengkal tanganmu tidak sama dengan ukuran jengkal tangan tukang kayu pembuat meja. Oleh karena itu diperlukan satuan yang disepakti oleh semua orang. Satuan yang disepakati ini sebebut satuan bahu. Syarat yang harus  dipenuhi oleh satuan baku sebagai berikut :
  1. ) Mempunyai nilai tetap.
  2. ) Muda ditiru dan diadakan kembali sebagai satuan yang sama.
  3. ) Dapat digunakan oleh semua orang di seluruh dunia.
Satuan baku ditetapkan melalui konferensi umum ke 11 tentang berat  dan ukuran pada tahun 1960. Sistem metrik diresmikan sebagai Sistem Internasional ( SI). Sebelum diadakan konferensi tersebut, terdapat dua sistem MKS dan Sitem CGS. Sistem MKS adalah cara menyatakan besaran dengan satuan meter,kilogram, dan sekon. Sementara itu, sistem CGS menggunakan satuan sentimeter.gram dan sekon. Sistem imperial digunakan oleh beberapa negara misalnya Amarika ,Inggris, dan beberapa negara Skandinavia. Dalam satuan SI, setiap jenis ukuran memiliki satuan dasar,misalnya satuan besaran panjang adalah meter.
B. Pengukuran Langsung dan Tidak langsung
     Pengukuran yang baik memerlukan alat yang sesuai.Pengukuran dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pengukuran langsung adalah pengukuran menggunakakan langsung adalah pengukuran menggunakan alat ukur sehingga bisa  diperoleh hasil pengukuran secara langsung. Pengukuran keliling silinder  menggunakan meteran kain yang dilakukan pada kegiatan di atas termasuk pengukuran langsung. Anda dapat mengetahui meteran kain atau meteran pita. Meteran pita adalah meteran yang biasa digunakan oleh penjahit ketika mengukur tubuh pelanggannya.melilitan meteran pita pada batang pohon,anda akan mengetahui lingkar pohon secara langsung,Namun,jika lingkar pohon tersebut diukur dengan melilitan seutas tali melingkari pohon, lalu panjang tali diukur menggunakan penggaris,diperoleh pengukuran secara tidak langsung.

0 Response to "Pengukuran Sebagai Bagian dari Pengamatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel