Pramuka Penggalang

tamanlimu.com - Kalian pasti tahu pertanya-tanya apa sih itu pramuka Penggalang dan kalian sangatlah tepat bisa berkunjung di tamanlimu. Pramuka Penggalang yaitu sebuah tingkatan dalam pramuka setelah siaga.Biasanya anggota pramuka tingkat penggalang berusia dari 11-15 tahun.Kalau mengatakan mengenai Pramuka Penggalang pasti kita sudah menebak rata-rata anak SMP, Namun juga tidak semuanya penggalang itu dari SMP saja karena walaupun SD / MI mereka juga sudah ada yang berumur diatas 10 tahun jadi mereka juga pantas disebut sebagai Pramuka Penggalang SD.

    Pramuka Penggalang memiliki tingkatan tertentu contohnya seperti Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap dan juga Penggalang Garuda. Semuanya memiliki Tanda Kecakapan Khusus (TKK) yang dapat ditempuh melalui ujian terhadap pembina Pramuka ataupun juga melakukan perintah didalamnya secara langsung. Sama halnya dengan penempuhan Pramuka Penggalang Ramu, Penggalang Rakit,dan ini juga dapat ditempuh melalui ujian kepada Pembimbing dan melakukan praktek langsung.Tingkatan Pramuka Penggalang juga memiliki Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat-syarat Kecakapan Khusus (SKK) yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kenaikan tingkat atau Tanda Kecakapan Umum (TKU) dan pendapatkan Tanda Kecapakan Khusus (TKK) Kata “Penggalang” di ambil dari peristiwa sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928 yang menjadi salah satu romantisme dari perjuangan rakyat dan pemuda indonesia pada zaman itu. Penggalang ini diambil dari kata “Penggalangan pemuda” pada saat kongres pemuda pada waktu sumpah pemuda 28 Oktober 1928.
Pramuka Penggalang juga memiliki Kode Kehormatan
    Kode Kehormatan Pramuka penggalang sama halnya dengan pramuka Penegak dan Pandega yakni memakai Seperti Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, perbedaannya dari pramuka Siaga ialah pada Tri Satyanya, jika Pramuka Penggalang memakai Tri Satya sedangkan Pramuka Siaga hanya memakai Dwi Satya. Seperti biasanya untuk Dasadarma sama saja dengan dasadarma pramuka biasanya yang bersifat membangun moral dan perilaku mendidik.
Sistem Berkelompok
    Setiap anggota Pramuka Penggalang dikelompokkan dalam satuan-satuan kecil yang disebut juga dengan regu. Dan setiap regu terdiri atas 8 orang Penggalang. Dalam Regu juga dipimpin oleh seorang Pimpinan Regu (PINRU) yang bertanggung jawab penuh atas regunya. Regu dalam penggalang mempunyai nama-nama untuk mengidentifikasi regu tersebut terkadang juga ada yang nama-nama unik yang penting sopan. Nama Regu Putra diambil dari nama hewan, misalnya kobra, kalajengking,harimau,elang,dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk nama regu putri diambil dari nama tumbuhan (bunga),anyelir,semisal anggrek,mawar, melati. Dan setiap empat regu dihimpun dalam sebuah Pasukan yang dipimpin oleh seorang Pemimpin Regu Utama yaitu (Pratama). Pratama yaitu pimpinan dari seluruh regu.

Satuan Terpisah
    Satuan terpisah di dalam pelaksanaan kegiatan kepramukaan dilaksanakan dengan Sistem terpisah untuk satuan Penggalang putra dan satuan Penggalang putri. Dimana Pramuka Penggalang putra dikelompokkan dengan Pramuka Penggalang Putra lainnya dan dipisahkan dari satuan Pramuka Penggalang putri. Satuan ini dibina oleh Pembina dan Pembantu Pembina putra juga. Dan  demikian juga  sebaliknya untuk satuan Penggalang Putri.

Kode Kehormatan Pramuka Penggalang
      Yaitu Kode kehormatan untuk Pramuka penggalang yang mana terdiri atas Janji (Satya) Penggalang yaitu Trisatya. Janji Pramuka Penggalang (Trisatya) berbeda dengan Siaga dan Penegak/Pandega. Dan Kode Moral (Dharma) Penggalang yang disebut Dasa Dharma.
Untuk isi Dasa Dharma Pramuka yaitu sebagai berikut:
  1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Cinta alam dan kasih sayang kepada manusia
  3. Patriot yang sopan dan ksatria
  4. Patuh dan suka bermusyawarah
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin, trampil dan gembira
  7. Hemat cermat dan bersahaja
  8. Disiplin, berani dan setia
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

 

0 Response to "Pramuka Penggalang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel