Sifat-sifat Interaksi Sosial Budaya dalam Kehidupan Masyarakat

tamanilmu.com - Manusia tidak dapat lepas dari kebutuhan akan interaksi sosial. Sejak manusia lahir,dia tidak akan dapat melanjutkan hidupnya tanpa bantuan manusia lain. Interaksi terjadi baik antar individu,individu dengan kelompok,maupun kelompok dengan kelompok. Contoh interaksi individu dengan individu dapat kamu lihat dalam kegiatan permainan catur,ayah sedang menasihati anak,dan sebagainya. Interaksi individu  dengan kelompok  dapat di temukan pada saat guru mengajar murid-murid,kyai sedang memberikan ceramah, dan sebagainya. Sedangkan interaksi kelompok dengan kelompok dapaat di temukan dalam permainan antar tim sepak bola,diskusi antar sepak bola,diskusi antar manusia memerlukan interaksi dengan manusia lain.Orang melakukan Interaksi dengan orang lain karena manusia tidak dapat mencukupi semua kebutuhan hidupnya. Mulai kita bnagun tdur di waktu pagi, sampai tidur lagi di waktu malam pasti banyak hal yang tidak dapat kita laukan sendiri. Sebagai mana contoh pada aat kita makan pagi saat akan berangkat kerja maunpun sekolah, dari mana kita memperoleh nasi,siapa yang menggiling padi, dan siapa yang mengantar beras sampai di rumah kita,hingga ibu kita memasakna ? Itu semuanya merupakan contoh hal sederhana yang kita hadapi setiap hari. Inilah salah satu bukti pentingnya interaksi dengan sesama. Untuk lebih memahami pentingnya interaksi dalam kehidupan sehari-hari lihat gambar di bawah ini.


Itu semua menunjukkan contoh lain dari bantuk interaksi.Makan bersama merupakan media berinteraksi dalam keluarga. Interkasi juga merupakan salah saatu sarana untuk mencapai tujuan bersama. Sebagai contoh, Kita dapat mengamati interaksi yang terjadi di dalam keluarga kita sendiri. Contohnya ayah,ibu,kakak,adik dan anak-anak memiliki tujuan mencapai keluarga bahagia dan sejahtera. Untuk mencapai tujuan tersebut, tentu semua anggota keluarga harus berinteraksi dengan baik,sehingga masing-masing saling memahami dan membantu seperti tampak pada gambar di atas.Interaksi yang terjadi di lingkungan pekerjaan maupun disekolahan juga merupakan contoh lain interaksi antar manusia untuk mencapai tujuan bersama.Misalnya,Interaksi antar pengurus RT/RT maupun disekolah dan di kelas yang membicarakan tentang aktivita sosial iyang akan dilekukan selama satu tahun. Dalam Interaksi, tidak semua mengarh pada kebersamaan atau persatuan. Kita mungkin pernah melihat maupun menemukan sifat interaksi yang mengaraj kepada perpecahan.Sebagai contoh pertengkaran antar orang di sekitar tempat tinggalmu,Tawuran pelajar,perang antar Indonesia dan Belanda pada masa lalu, dan sebagainya untul lebih paham lihat gambar berikut ini ;

Interaksi yang mengarah pada persatuan di sebut dengan Interaksi yang bersifat asosiatif. Sedangkan interaksi manusia yang terjadi dan mengarah kepda perpecahan,disebut Interaksidisosiatif. contonya lihat gamar yang di ats itu merupakan gambaran interaksi negatif.
     Kehidupan manusia berubah-ubah atau dinamis.Interkasi yang positif pada saat ini, di waktu lain sering berubah menjadi interaksi negatif. Pernahkah kamu berselisih paham dengan temanmu? seblum berselisih paham,mungkin kita selalu khawatir atau takutuntuk mendekatinya.Akan tetapi karena sama-sama sebagai sahabat,kita berusaha untuk melupakan perselisihan sebelumnya?
Perselisihan antar teman yang docontiokan di atas juga terjadi antar kelompok,bahkan antar bangsa.Sebagai contoh bangsa Indonesia sebelum Perang Dunia II. Pada masa pendudukan Jepang,bangsa Jepang menjadi musuh bangsa Indonesia.Kebencian dan perlawanan dilakukan bangsa Indonesia. Konflik terbuka terjadi di berbagai daerah, bagaiman setelah bangsa Indonesia merdeka ? Bangsa Jepang berusaha membina hubungan baik dengann Indoensia. Saat ini Jepang menjadi salah satu sahabat penting Indoensia. Jepang sangat membutuhkan Indonesia, dan Indonesia sangat membutuhkan jepang. kedua bangsa menjaga hubungan baik yang mengutungkan.

0 Response to "Sifat-sifat Interaksi Sosial Budaya dalam Kehidupan Masyarakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel