Bumbu Dapur dan Khasiatnya Sebagai Obat

Berbagai penelitian yang sudah dilakukan, baik dari para peneliti kesehatan di berbagai belahan dunia para ahli dan peneliti tanah air serta berbagai kalangan peramu resep tradisional dari berbagai tanaman dan aneka bumbu dapur  yang ada. Meraka semua menemukan bahwa bumbu dapur tidak saja berfungsi sebagai penyedap rasa masakan,tapi  juga memiliki fungsi yang jauh lebih bermanfaat sebagai obat yang mampu meyembuhkan berbagai gangguan kesahaan dan berbagai penyakit berbahaya.
    Dahsyatya lagi, resep obat dari bumbu dapur ini sebenarnya sudah dimanfaatkan dari zaman duhulu sebagai obat dan penyembuhan penyakit yang merupakan resep trun-temurun dari generasi,baik dari tanah air maupun daerah lain di belahan dunia.
     Bumbu dapur juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk pertolongan pertama bagi kecelakaan atau penyakit sebelum dibawa ke rumah sakit maupun puskesmas terdekat. beberapa jenis bumbu dapur yang sangat mudah dikenal dan didapatkan antara lain : asam Jawa, bawang putih, jahe, kencur dan kunyit dapur yang dapat dimanfaatkan sebagai obat.
    Tanaman yang berkhasiat obat ini sering kita sebut sebagai tanaman herbal, tanaman ini telah menjadi bagaian dari setiap budaya dan tradisi medis sejak awal manusia hidup mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari pilek,masalah pencernaan,pernapasan,peredaran darah, reproduksi, dan berbagai sistem tubuh lainnya, hingga untuk mengatasi depresi dan bahkan gangguan kejiwaan lainnya.
     Banyak di antara  kita yang  tidak menyadari bahwa beberapa jenis tanaman yang biasa digunakan untuk meningkatkan  cita rasa makanan atau bumbu dan membangkitkan selera makan, ternaya juga memiliki kemampuan penyembuhan yang luar biasa. Luar biasanya lagi, tanaman-tanaman ini dapat dengan mudah didapatkan dan dipelihara di rumah sehingga kapan pun diperlukan sangat mudah untuk mendapatkannya.
     Sebut saja beberapa di antaranya seperti rosemary yang telah digunakan sebagai nutrisi otak dalam pengobatan tradisional China, bahkan selama ribuan tahun, rosemary mengandung minyak atsiri yang membantu merangsang aktivitas otak dan meningkatkan kewaspadaan. Kemudian kita juga akrab dengan daun mint. Tanaman dianggap sebagai pengobatan tradisional.Daun mint dipercaya dapat membantu meningkatankan kesehatan saluran cerna. Selain itu, daun mint kaya akan antioksidan yang mendukung kesehatan mata dan liver, serta membantu menghilangkan racun berbahaya dari dalam tubuh (detoksifikasi).
    Setiap kali kita memasak di rumah kita kerap kali mempergunakan jahe agar masakan menjadi wangi dan beraroma menarik,tetapi jahe sangat populer sebagai tanaman herbal yang dapat membantu mengembalikan kesegaran tubuh. bahkan dari hasil penelitian mengatakan bahwa jahe memperlebar pembuluh darah sehingga akan memperlacar peredaran darah, menghangatkan tubuh, serta menurunkan tekanan darah.
    Di daerah Jawa kita juga sangat akrab dengan temulawak. Bumbu dapur yang kita pergunakan sehari-hari ini ternyata sangat berkhasiat untuk memelihara kesehatan dengan meningkatkan sistem imun dan sebagai antioksidan, bahkan tanaman asli Indonesia ini sangat bermanfaat meningkatan kesehatan liver dan dapat menurukan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol. banyak lagi khasiat temulawak untuk kesehatan.
    Mungkin setiap kali kita menikmati nasi goreng di rumah atau di warung-warung makan tradisional atau moderen, tentu saja lidah kita sangat mudah untuk menangkap rasa bawang putih yang dijadikan sebagai pelengkap rasa dari nasi goreng yang kita makan. Di luar itu, ternyata bawang putih sudah dikenal lama memiliki khasiat kesehatan untuk memperbaiki sistem tubuh. Berbagai penetian menemukan  bahwa zat aktif  yang terkandung di dalam bawang putih yang disebut allicin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, mengahncurkan bekuan darah dalam arteri sehingga memperlancar peredaran darah serta mengurangi tekanan darah tinggi.
    Bagi orang Sunda, tentu saja makan mereka akan sangat terlihat nikmat ketika mereka menambahkan daun kemangi sebagai lalapan di piring mereka. Daun kemangi atau disebut juga daun basil, ternyata kaya akan berbagai nutrisi penting yang berguna bagi kesehatan, kemangi kaya akan betakaroten yang baik untuk kesehatan mata karena beta-karoten adalah prekursor vitamin A. Selain itu beta karoten merupakan antioksiden sehingga dapat melingungi sel-sel dari kerusakan. Kemangi juga kaya akan magnesium yang penting dalam fungsi-fungsi biologik.
     Jumlah penetitia menujukan bahwaorang yang mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya beta-karoten dan magnesium menurunkan risiko terkena kanker dan penyakit jatung. Kandungan senyawa 1,8-sineol-nya berfungsi untuk menenangkan,merangsang aktivitas saraf pusat, dan melebarkan pembulu  darah. Bahkan bagi pria, senyawa ini dapat mengatasi masalah ejakulasi prematur dan zat  arginin-nya dapat mempertinggi daya tahan sel sperma serta mencegah kemandulan. Bagi wanita, senyawa anetol,boron,eugenol, dan stigmasterol-nya mampu merangsang prduksi oestrogen, membunuh jamur penyebab keputihan dan lain sebagainya.
      Banyak lagi manfaat bumbu dapur selain sebagai penyedap masakan anda di rumah, dan artikel selanjutnya akan dibahas berbagai macam bumbu dapur dan manfaatnya sebagai tanaman obat dan bagaimana cara meraciknya agar dapat di minum atau dimakan untuk itu janngan  lupa untuk mengikuti terus postingan terbaru kami terus iya teman-teman semuanya semoga bermanfaat buat anda..............Amin...

0 Response to "Bumbu Dapur dan Khasiatnya Sebagai Obat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel