Pengertian buah Wijen dan juga Manfaatnya


   Wijen adalah semak semusim yang termasuk dalam famili pedaliaceae. Wijen ( sesamum indicum L. syn. Sesamum orientalis L ) adalah semak semusim yang termasuk dalam famili Pedaliaeae. Tanaman ini dibudidayakan sebagai sumber minyak nabati, yang dikenal sebagai minyak wijen, yang diperolah dari ekstraksi bijinya. Afrika tropik diduga merupakan  daerah asalanya, yang lalu tersebar ke timur hingga ke India dan Tiongkok.
   Tanaman ini dibudayakan sebagai sumber minyak nabati, yang dikenal sebagai minyak wijen, yang diperoleh dari ekstraksi bijinya.Wijen ini berasal dari Afrika, kemudian tersebar ke timur hingga ke India dan Tiongkok. Di Indonesia, tanaman wijen tidak terlalu banyak,misalnya di daerah Gunung Kidul,Yogyakarta, terdapat arena penanaman wijen.
   Wijen merupakan tanaman daerah tropik dan subtropik, tetapi kultivar baru  telah melebar di daerah dingin. Wijen tumbuh pada ketinggian di bawah 1250 m. Wijen juga membutuhkan hari pendek,tetapi banyak kultivar telah beradatasi terhadap bermacam-macam periode cahaya. Dengan 10 jam,wijen akan berbunga 42-45 hari sebelum ditebarkan.Temperatur dan kelembaban merupakan faktor utama pada jumlah hari untuk berbunga. Cahaya pendek dapat menyebabkan bertambahnyakapsul per tahun pada awal medium. Temperatur yang tinggi diperlukan pertumbuhan dan produksi.

Penyebaran Wijen
   Tanaman wijen tumbuh subur dan banyak ditanam  terutama  di India, Cina, Mesir, Turki,Sundan, serta Meksiko dan  Venezuela. Di Indonesia,tanaman wijen tidak terlalu luas ditanam,hanya di daerah Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sementara unuk Sulawesi Selatan sendiri dengan luas areal 272 ha terbagi ke dalam daerah Bone,Sinjai,Takalar.

Khasiat Biji Wijen
   Biji wijen memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Wijen ini baik tumbuh sekitar1000 meter permukaan laut. Tumbuhan wijen saat ini sudah banyak tersebar,bahkan telah sampai di Indonesia. Giji wijen biasanya dioleh menjadikan sebagai pemanis hidangan berbentukroti atau Kudapan.
   Selain sebagai bumbu ,wijen juga sangat baik untuk kesehatan,setidaknya pada 100 mg biji wijen terkadung kalsium 1125 mg jika dibandingkan dengan 2 gelas susu sapi segar yang hanya mengandung 600 mg kalsium. Selain pengganti kalsium maupun protein bagi tubuh, wijen juga berkhasiat untuk pencegahab,pengobatan dan perawatan selain itu, wijen mengandung asam amino esensial yang baik serta mengandung vitamin B.
   Minyak wijen juga sering digunakan sebagai obat-obatan berkat kandungannya yang bernutrisi, serta mampu mencegah dan menyembuhkan beberapa penyakit. Minyak wijen kaya akan asam lemak omega-6,flavonoid phenolic anti-oxidants,Vitamin, dan serat baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat dan khasiat wijen :
1. Antioksidan
   Minyak wijen kaya akan antioksidan yang baik untuk menetralkan kerusakan akibat radikal bebas yang ada di sekitar kita. Antioksidan juga ampuh melawan kerusakan pada tubuh akibat beberapa jenis virus, penuaan, dan bakteri.
2. Diabetes
   Studi yang dipublikasi di jurnal kesehatan Clinical Journal og Nutrition menunjukan, minyak wijen mampu menambah efisensi obat-obat oral yang diasup pasien diabetes tipe 2.
3. Perawatan Kulit
   Vitamin E dan B yang ditemukan dalam minyak wijen  membantu mengurangi kerusakan pada kulit,serta mengantar kulit yang muda bersinar.
4. Kesehatan Mulut
   Minyak wijen terbukti baik untuk mencegah gigi berlubang gusi berdarah,tenggorokan kering,juga menguatkan gigi gusi, dan rahang.
5. Pilek
   Menghirup sedikit minyak wijen bisa membantu melawan carkan pernapasan dan hambatan di dada.
6. Ketombe
   Mengoleskan minyak wijen ke kulit kepala bisa mencegah datangnya ketombe.
7. Mengurangi Sodium
   Studi di universitas Yale yang diterbitkan di jurnal Biology menyebutkan, Mengonsumsi minyak wijen tak hanya membantu kurangi tekanan darah,tetapi juga menrukan level sodium pada tubuh.
8. Kalsium
   Kalsium yang terkandung di dalam minyak wijen pun bisa mencegah pengerposan tulang, sakit kepala, dan mengurangi gejala PMS di fase kedua siklus menstruasi.
9. Cegah Kanker
   Minyak wijen mengandung "Phytate" Yakni antikanker. Cara kerjanya dengan memperlambat pertumbahan beragam jenis sel-sel kanker.
10. Mengurangi Sembelit
   Minyak wijen mengandung serat yang bisa mendorong kotoran dalam perut agar mudah keluar.
11. Minyak Pijet Bayi
   Studi yang diterbitkan dalam Indian Journal of Medical Research di tahun 2000 menunjukkan,memijat bayi menggunakan minyak wijen bisa membantu pertumbuhan bayi,juga membantu bayi tidurnyenyak.
12. Kesehatan Pernapasan
   Kandungan magnesium dalam minyak wijen mencegah serangan asma, menurunkan tekanan darah dan kejang pada pembuluh darah.

   Penggunaan wijen dengan bahan lain juga berkhasiat. Misalnya, untuk mencegah penuaan, biji wijen jika dicampur dengan kacang merah kecil dan gula merah dibuat bubur atau dimakan. Bila wijen ditaburkan di atas makan dan sayuran akan berkhasiat melancarkan ASI dan mencegah rambut beruban.
   Menurut Prof HM hembing Wijayakusuma dalam bukunya  Tumbuhan Berhasiat Obat Indonesia yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya,bahwa wijen berhasiat memperbanyak air susu ibu ( lactagogue ) dan mencegah kanker dan penuaan. Khasiat wijen didapat dari kandungan zat-zat kimia yang dikatahui lewat sejumlah penelitian.
   Beberapa zat yang ada dalam wijen antara lain gliserida (asam oleat. Linoleat, palmitat, stearat,miristinat), sesamin, sesamolin, sesamol, lignans, pedaliin, planteose, sitokrom C, protein, prantosa, vitmain A, B1, dan E. Wijen banyak kegunaanya. Bisa untuk pencegahan, pengobatan, dan perawatan. Untuk preventif wijen berkhasiat mencegah kerontokan rambut, penuaan, kanker , penyekit degeneratif, rambut berubah, stroke, hipertensi, dan lain-lain.
   Untuk pengobatan , wijen dimanfaatkan dalam mengatasi penyakit batuk,katrak, sakit perut-diare,sakit kepala kencing nanah, kencing manis, sembelit, beser ( sebentar-sebentar kencing ), rematik dan luka-luka.
   Berikut contoh ramuan mengatasi rambut rontok dengan mempergunakan wijen sebagai bahan.
Bahan - bahan ;
  • 1 Cangkir Minyak Wijen 
  • 2 Butir Kemiri
  • 7 Kuntum Bunga Melati
  • 1 Kumtum Bunga Mawar
  • 3 Lembar Daun Panda Panda Wangi
  • 3 Lembar Daun Mangkuk
  • 3 Lembar Daun Waru
  • 3 Lembar Daun Urang-aring
  • 1 Lembar Minyak Kelapa
Cara Membuatnya :
   Sediakan dan rebus air sebanyak 2 liter hingga mendidik. Daun-daun dan kemiri diiris-iris. Minyak wijen dan minyak kelapa dipanaskan hingga mendidih lalu masukkan ke dalam panci yang berisi 2 litter air tadi, terus dipanaskan sampai mendidih. Masukan semua bahan setelah kurang lebih 15 menit diangkat dan disaring lalu didinginkan. Kemudian oleskan minyak cemceman yang telah Anda buat tadi pada kulit kepala sampai rata, sambil dipijit-pijit kurang lebih 10 menit saat menjelang tidur malam, pada pagi hari rambut dibasahi dengan air embun.










































0 Response to "Pengertian buah Wijen dan juga Manfaatnya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel