Pengertian Tamanan Adas Manis dan Juga Khasiatnya buah Adas Manis Buat Kesehatan

   

   Adas manis ini lebih mirip jinten dengan besar lebih kurang sama dengan biji padi. Bumbu dapur satu ini lebih sering digunakan untuk memasak gule dan kari. Selain dapat digunakan sebagai bumbu masakn, ada manis juga dipercaya mampu menyembuhkan beberapa gangguan keshatan karena zat-zat yang dimilikinya.
   Adas manis, atau istilah latinnya pimpinella anisum, merupakan sejenis tumbuhan yang berasal dari laut Tengah dan juga Asia Barat. Tumbuhan ini  memiliki tinggi Hampir sekitar satu meter dengan bentuk daun sedkit menyirip menyerupai bulu. Adas manis ini berbentuk lonjong dengan panjang 3 samapi 5 mm. Rempah ini memiliki rasa yang sedikit manis dengan aroma yang sangat khas, dengan rasanya manis maka bumbu penyedap ini sring dipakai untuk beberpa jenis masakan. Bahkan adas manis ini juga dipergunakan untuk campuran pada minuman beralkohol seperti Raki di turki, Sambuca di Italia, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, selain untuk kesehatan, bahkan biasa digunakan sebagai antiparasit ringan.

Penyebaran Adas Manis
   Penyebaran tanaman ini lebih banyak ditemukan di Jawa Tengah, Sumatera Barat dan Sulawesi. Karena habitat tanaman ini tumbuh di daerah temperate dan iklim subtropis, tapi tidak tumbuh dengan baik pada daratan rendah tropis. Membutuhkan curah hujan antara 1000-2000 mm pertahun.

Khasiat Adas Manis
   Secara keseluruhan tumbuhan adas manis ini bisa dipergunakan baik buat masakan ataupun obat. Daunya juga bisa digunakan untuk merawat gangguan pencernaan, meredakan sakit gigi, dan minyak esensialnya bisa digunakan untuk merawat penyakit kulit seperti kudis, kurap, ataupun kutu. Minyak essensial adas manis juga digunakan sebagai aroma terapi untuk menyembuhkan flu dan pilek.
   Ketika kita mengalami gangguan sulit tidur, adas manis yang sudah diseduh dengan air hangat dan diberi sedkit madu bisa membantu mengatasinya. dan kalau dikunyah pun bisa menyegarkan pernapasan. Bahkan di Thailand dan Pakistan adas manis digunakan sebagai campuran teh untuk memberikan aroma yang khas.

Berikut beberapa khasiat adas manis yang dapat dioleh :

1. Mengatasi Perut Kembung dan cocics anak-anak
    Membuat semacam cairan Infus dengan setengah teh sendok buah adas pure tersiram air panas dalam 250 ml air mendidih. Teh herus diberikan selam 10-15 menit untuk menjadi infus. Harus dimimum dalam pecehan ; setengah cangkir sebelum makan utama.                                            
Perhatian : teh hanya harus disimpan untuk waktu yang singkat sebelum dikunsumsinya. Adapun sebuah infus 5-6 buah adas tersiram air panas dalam 250 ml air mendidih harus dilakukan. 

2. Teh Untuk Menghilangkan Cacing  
   Infus ini tersebut dari 10 gram buah dihaluskan dalam 100 ml tersiram air panas mendidih. Teh harus dimium dalam pagi pada waktu perut kosong. Teh dari biji adas direbus infus ini tersebut dari satu teh-sendok biji adas diebus dalam 250 ml air selama 30 detik. Satu cangkir teh adalah diminum setelah amakn utama. Teh ini menghilangkan asma, batuk, lambat percernaan. Minyak adas ater ; hal ini digunakan untuk pengobatan perut dan gangguan usus, perut kembung dan demam.
   

0 Response to "Pengertian Tamanan Adas Manis dan Juga Khasiatnya buah Adas Manis Buat Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel