Pengertian Tamanan Bunga Lawang dan Juga Khasiatnya Buat Kesehatan


   Bunga Lawang biasanya banyak dipakai untuk masakan Cina atau India. Hanya sebagaian kecil saja daerah di Indoensia yang memakai bumbu dapur ini. Bunga lawang dikenal juga dengan nama pekak dan nama latinya Illicum verum. Bunga Lawang sebenarnya bukan bunga, ia adlah buah yang dihasilkan oleh sejenis pohon kecil. Tinggi pohohnya bisa mencapai 8 meter. Ia mempunyai bunga yang cantik berwaran kuning. Bunga Lawang berkembang-baik melalui biji benih. Buahnya dipetik sebelum ranum dan dikeringkan dengan bantuan cahaya matahari.
   Pekak berfungsi untuk membuat aroma masakan menjadi segar dan wangi, seperti pada kecap, pekak adalah salah satu bumbu untuk membuat kecap memiliki aroma yang khas. Bunga pekak memiliki rasa lebih kurang seperti Adas Manis. Bunga Lawang juga banyak dipakai  dalam masakan India yang kaya rempah misalnya untuk kari. Bangsa Thailand, Vietnam, dan Indonesia juga banyak memakai bunga lawang untuk penyedap masakan. Di Indonesia, bumbu ini digunakan di beberapa daerah yang memiliki ciri khas masakan berbumbu tajam. Mislanya saja gulai Aceh, Rendang Padang, masakan Jawa, dan Bali. Masakan sup akan lebih sedap apabila ditambahkan bumbu ini.

Peryebaran Bunag Lawang
   Bunga Lawang merupakan tanaman asli Maluku, dan dibudidayakan di Indonesia terutama di Penang dan semenanjung Malaka, saat ini bunga lawang telah menyebar dari sabang samapi merauke.

Khasiat Bunga Lawang
   Sama dengan bumbu-bumbu dapur lainnya, selain bermanfaat untuk penyedap rasa, juga bisa digunakan sebagai obat. Bunga lawang sangat baik untuk mengatasi gangguan pensernaan dan memliki fungsi diuretik atau melancarkan saluran kencing. Selain itu digunakan juga untuk pengobatan trasdisional di Asia, contohnya untuk sakit sendi. Bunga lawang juga sering dimanfaatkan untuk minuman tradisional seperti jamu dan campuran minum teh. Salah satunya adalah minuman teh khas Thailand yang merupakan campuran teh hitam dan bubuk bunga lawang. The dari bunga lawang juga bisa dijadikan obat batuk. minyaknya juga bisa mengurangi gejala mual-mual bagi ibu yang sedang mengandung.
   Kandungan asam skikimat ( shikimic acid ) dalam bunga lawang membuat rempah ini dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuat obat antiflu burung, tamiflu. Hal ini meyebabkan stoknya sempat menghilang dari pasaran dan harganya melambung.

0 Response to "Pengertian Tamanan Bunga Lawang dan Juga Khasiatnya Buat Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel