Pengertian Tamanan Pala dan Juga Khasiatnya Buah Pala Buat Kesehatan


   Pala atau myristica fragrans merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda,Maluku. Tumbuhannya dapat mencapai 20m dan usainyabisa mencapai ratusan tahun. Tumbuhan ini berumah dua ( dioecious ) sehingga dikenal pohon jantan dan pohon betina. Daunnya berbentuk alips langsing. Buahnya berbentuk lonjong seperti lemon, berwarna kuning, berdaging dan beraroma khas karena mengandung minyak atsiri pada daging buahnya.
   Dading buahnya diolah menjadi manisan. Aromanya sangat harum, tajam, bernuans hangat dan manis. Biji pala menambah cita rasa pada bumbu perendam daging, ikan atau ayam serta menjadikan kaldu atau sup semakin sedap. Bubuk pala dipakai sebagai penyedap untuk roti atau kue, puding, saus, sayuran, dan minuman penyegar ( seperti enggnog ). Buah pala tediri atas daging bauh ( pericarp ) dan biji yang terdiri atas fuli, tempurung dan daging biji. fuli adalah serat tipis ( areolus ) berwarna merah atau kuning muda, berbentuk selaput berlubang-lubang seperti jala yang terdapat antara  daging dan biji pala. Daging buah pala cukup tebal dan beratnya lebih dari 70 % dari berat buah, berwarna putih kekuning-kuningan, berisi cairan bergetah yang encer, rasanya sepat dan mempunyai sifat sebagai astringan ( obat luar bagi kulit ).
   Biji pala terdiri dari dua bagian utama yaitu 30-45% minyak dan 45-60% bahan padat termasuk selulosa. Minyak terdiri atas dua jenis yaitu minyak atsiri ( essential oil ) dan minyak lemak ( fixed oil )  yang sebut nutmeg butter. Perbedaan komponen tersebut bervariasi tergantung pada letak geografis dan temapt tumbuhnya maupun jenis ( varietas ) dari tanaman tersebut. Walaupun kandungan minyak atsiri dalam biji lebih rendah dari fixed oil, tetapi komponen minyak atsiri lebih berperan penting sebagai pemberi rasa pada industri makanan, minuman, dan dalam industri farmasi.

Penyebaran Buah Pala
   Pala ( Myristica Fragan Haitt ) merupakan tanaman buah berupa ohon tinggi asli Indonesia, karena tanaman ini berasal dari Banda dan Maluku. Tanaman pala menyebar ke Pulau jawa, pada saat perjalanan Marcopollo ke Tiongkok yang melewati pulau jawa pada tahun 1271 sampai 1295 pembudidayaan tanaman pada terus meluas sampai Sumatera.
   Tetapi pada tahun 1772 Pierre Poivre seorang botanis asal Perancis berhasil menyelundupkan 3.000 batang Pala yang kemudian ditaman di Mauritius, kemudian menyebar ke Penang ( Malaysia ), India dan Srilangka sampai Grenada ( Amerika  Tangah ) yang hingga kini menjadi Negara penghasil Pala terbesar ke -2 di dunia setelah Indonesia.

Khasiat Buah Pala
   Banyak sekali manfaat buah pala yang bisa kita peroleh dengan mengonsumsinya dan berikut adalah beberapa manfaat dari buah pala tersebut :
  1. Menghilangkan Noda Jerawat                                                                                                   Salah Satu Khasiat dari buah pala adalah dapat menghilangkan jerawat dan noda bekas Jerawat. menurut Ranella hirsch, MD, asisten profesor dermatologi klinis di boston university School of Medicine, buah pala memiliki efek antiradang,sementara susu yang kaya akan protein dan vitamin dapat menenangkan kulit.
  2. Pereda Sakit Perut                                                                                                                      Buah Pala mengandung minyak esensial dan zat kimiawi alami lainnya yang dapat membantu kelancaran saluran  pencernaan.
  3. Agar Tidur Nyeyak                                                                                                                       Penjelasan seorang pakar Michael Murray, ND, pengarang  The Encyclopedia of Heading Foods, '' Susah tidur bisa diobati dengan segala susu hangat dan sedikit buah pala bubuk. Susu mengandung tryptohan, asam amino yang berubah menjadi serotonin dalam tubuh, sementara buah pala pembantu serotonin bertahan lebih lama dalam tubuh.
  4. Pereda Sakit Gigi                                                                                                                            Bagi yang pernah berobat ke dokter gigi pasti pernah merasakan obat  yang dioleskan pada gigi dengan rasanya pedas seperti pala. Buah pala memang sudah sejak lama digunaka untuk meredakan sikat gigi dan gusi meradang. Zat dalam minyak pala membantu memerangi bakteri dalam minyak pala membantu memerangi bakteri dalam mulut yang bisa menyebabkan gigi bakteri dalam mulut yang bisa menyebabkan gigi berlubang, jika gigi terasa sakit teteskan minyak yang dihasilkan dari pala pada gigi yang sakit, tapi ingat, jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan pusing dan mual.
  5. Meringankan Rasa Nyeri                                                                                                              Buah pala dapat meringankan semua rasa sakit dan nyeri akibat tubuh kedinginan serta masuk angin. Dengan mengonsumsi daging buah pala sangat baik seperti makanan ringan sperti asinan, manisan, atau selai pala.
  6. Pereda Stres                                                                                                                                    Berdasarkan penelitian yang dilakukan National Science and Tecnology Authority, dalam bukunya Guidebook on the proper Use of Medicinal Plants, diterangkan bahwa selain sebagai ramuan, pala juga dapat menjadikan bahan baku pembuatan sirup, caranya, buah pala rebus untuk diambil sarinya dan tambahkan  gula secukupnya. " Sirup ini seperti minumnan lain yang sifatnya menyegarkan. Sirup buah pala memiliki sifat menenangkan dan cocok untuk meredakan stres,''

Ramuan Buah Pala
  • Untuk Menghilangkan Jerawat
          Bahan :
          - Buah Pala
          - Susu Murni
          Cara Pemakaian :
          Campuran sedikit buah pala yang sudah ditumbuk dengan susu whole milk ( susu murni )
          hingga berbentuk pasta. Oleskan pada bagian wajah yang bermasalah, diamkan beberapa
          menit, lalu bersihkan wajah seperti biasa.
  • Pereda Sakit Perut
          Caranya ; cukup sederhana,taburkan sedikit buah pala, tak lebih dari setangah sendok teh
          dalam semangkuk oatmeal sarapan setiap hari selama 2 minggu.



















0 Response to "Pengertian Tamanan Pala dan Juga Khasiatnya Buah Pala Buat Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel