5 Benda dan Tempat Misterius yang Paling Dicari di Dunia

Taman Ilmu – Ada banyak hal yang masih menjadi misteri besar di dunia dan bahkan keberadaannya masih misterius dan menjadi teka-teki serta masih dicari oleh banyak orang hingga saat ini. Mulai dari keberadaan kota yang hilang hingga pencarian sebuah benda keramat yang memiliki nilai historis yang tinggi, semuanya diburu untuk berbagai macam kepentingan.

Nah, berkenaan dengan sebuah tempat dan benda, setidaknya ada beberapa dari mereka yang masih menjadi misteri hingga saat ini. Bahkan, keberadaan mereka masih dicari oleh banyak orang di dunia di zaman modern seperti saat ini. Apa saja sich?

Inilah 5 Benda dan Tempat Misterius yang Paling Dicari di Dunia yang Keberadaanya Bak Hilang Ditelan Bumi

1. Tabut Perjanjian

The Ark of the Covenant atau Tabut Perjanjian merupakan salah satu benda yang dianggap sangat suci dan keramat oleh bangsa Israel dan Yahudi pada umumnya. Bahkan, hal-hal yang berkaitan dengan Tabut Perjanjian dan benda-benda suci lainnya juga diungkap di dalam Alkitab Perjanjian Lama dan dianggap sebagai “Keagungan Israel”.

Nah, terlepas dari itu semua, apakah keberadaan Tabut Perjanjian tersebut bisa dilacak? Menurut laman Live Science, tidak ada yang tahu keberadaan Tabut Perjanjian setelah Babilonia menghancurkan kuil-kuil yang dimiliki oleh bangsa Israel kuno. Menurut catatan sejarah yang berhubungan dengan kaum Makabe (pemberontak Yahudi yang melawan Kaisar Seleukia), Tabut Perjanjian disimpan secara rahasia oleh Nabi Yeremia.

Konon Tabut Perjanjian disimpan secara aman di Gunung Nebo, sebuah wilayah pegunungan luas di Yordania. Menurut sejarahnya, kaum Israel percaya bahwa tempat tersebut tidak akan terungkap oleh manusia hingga waktu yang telah ditetapkan oleh Sang Pencipta.

Dalam kisah yang lain, diceritakan bahwa Tabut Perjanjian sempat dibawa ke sebuah zona terpencil di Ethiopia yang saat ini menjadi Gereja Our Lady Mary of Zion di Axum. Namun, beberapa kalangan ilmuwan dan ahli sejarah cukup skeptis dalam hal ini. Pasalnya, pada era Perang Dunia II telah ada konfirmasi dari kalangan akademisi yang melihat dan menyebut benda tersebut bukanlah tabut yang asli.

2. Tombak Takdir

Tombak Takdir atau Spear of Destiny merupakan tombak milik pasukan Romawi yang dulunya pernah digunakan untuk menusuk perut Yesus pada saat disalibkan. Orang Eropa lebih sering menyebutnya Holy Lance atau Spear of Longinus. Laman History Today mencatat bahwa kisah ini menjadi heboh pada 1098 di mana pasukan Perang Salib I menyatakan klaim bahwa mereka menemukan Tombak Takdir.

Konon, bagi siapa saja yang bisa memiliki Tombak Takdir, maka ia akan berkuasa di dunia dan akan memenangkan pertempuran apapun. Entah bagaimana ceritanya, takdir rupanya menentukan bahwa Tombak Takdir sempat dikuasai oleh Raja Prancis, yakni Louis IX pada abad ke-12. Namun, setelah terjadinya Revolusi Prancis pada 1789, keberadaan Tombak Takdir juga hilang bak ditelan Bumi.

Di zaman modern, ada isu yang menyatakan bahwa Adolf Hitler pernah mencari dan menemukan tombak tersebut di Austria. Namun, kalangan sejarawan membantah dan menyatakan bahwa tidak ada bukti kuat yang menyatakan bahwa Hitler atau Nazi pernah memiliki Tombak Takdir yang asli. Malah, tombak yang pernah disimpan oleh Hitler dinyatakan palsu karena dibuat pada abad ke-7.

Banyak ilmuwan yang meyakini bahwa tombak tersebut benar-benar ada dan disimpan secara rahasia oleh kelompok gereja besar yang menguasai dunia. Namun, sebagian ilmuwan lainnya cukup skeptis dalam hal ini. Pasalnya, kualitas logam pada tombak milik Romawi tidak sebagus yang dibayangkan. Rentang waktu 2.000 tahun tentu akan membuat logam tersebut berkarat dan hancur oleh alam.

3. Kota Atlantis

Penampakan Kota Atlantis

Barangkali keberadaan Kota Atlantis yang hilang telah menjadi sebuah mitos dan legenda yang masih terus diselidiki hingga kini. Melansir History, ada beberapa teori dan hipotesis yang dipercaya dapat mengungkap keberadaan Atlantis. Beberapa di antaranya adalah teori mengenai keberadaan Atlantis di dasar Samudra Atlantik dan bahkan di dasar Segitiga Bermuda.

Dalam hipotesis lainnya disebutkan bahwa Kota Atlantis purba ada di Benua Antarktika. Namun, dari semuanya itu, keberadaan Atlantis tetaplah misterius dan belum ditemukan hingga kini. Jika memang kota legendaris itu tenggelam ke dasar samudra, maka kemungkinan untuk ditemukannya nyaris mustahil karena samudra menjadi bagian yang terluas di Bumi.

Akan tetapi, beberapa ilmuwan modern justru menganggap bahwa kisah yang awalnya ditulis oleh Plato tersebut merupakan fiktif belaka. Pasalnya, tidak ada bukti kuat yang menyatakan bahwa Kota Atlantis pernah ada di zaman purba. Tapi, mengapa cerita akan Atlantis ini masih eksis selama 2.300 tahun setelah kematian Plato sampai detik ini?

National Geographic mengungkap bahwa kisah Atlantis merupakan kisah imajinasi dan berhubungan dengan dewa Yunani kuno yang menjadi mitos secara turun-temurun. Seorang ahli sejarah klasik dari Universitas New York, profesor James Romm, menyatakan bahwa kisah yang diceritakan oleh Plato merupakan kisah mitos hebat yang tidak pernah ada di masa lalu.

4. Taman Eden

Dalam kisah di agama-agama besar dunia, sebuah tempat bernama Taman Eden menjadi salah satu tempat historis paling melegenda yang berkaitan dengan kehadiran manusia pertama. Ya, kisah Adam dan Hawa atau Adam and Eve merupakan kisah yang juga lekat tertulis dalam kitab suci.

Menurut data yang tercatat di Alkitab, para arkeolog dan ilmuwan sepakat bahwa Taman Eden dulunya pernah ada di sekitar Timur Tengah dan kemungkinan besarnya ada di Irak. Christian Apologetics & Research Ministry dalam lamannya menyatakan bahwa sesuai yang tertulis dalam kitab suci, posisi Taman Eden ada di dekat aliran 4 sungai utama, yaitu Pison, Gihor, Tigris dan Efrat.

Meskipun begitu, ada juga ilmuwan dan sejarawan yang justru menyatakan bahwa Taman Eden dulunya berada di benua Afrika. Seperti diberitakan dalam laman Sky News, kemungkinan keberadaan Taman Eden dipercaya oleh ilmuwan modern berada di Botswana, Namibia hingga Zimbabwe.

Tentu saja ilmuwan modern akan menghubungkan keberadaan manusia purba dengan jalur evolusinya. Memang, secara sains, evolusi mula-mula homo sapiens berada di dataran Afrika yang akhirnya menyebar ke Eropa dan seluruh dunia. Jadi, keberadaan Taman Eden secara harfiah memang belum sepenuhnya ditemukan hingga saat ini.

5. Harta karun Kapten Kidd

Zaman dulu, pada abad ke-17, ada sebuah kisah dari seorang bajak laut yang sangat terkenal bernama Kapten William Kidd. Konon, menurut sejarah dan catatan-catatan yang pernah bersinggungan dengan kehidupan Kidd, Ia dan kelompoknya menyembunyikan harta karun yang memiliki nilai sangat tinggi.

Menurut laman sains Smithsonian Magazine, sebagian kecil harta karun Kapten Kidd pernah ditemukan di wilayah Madagaskar. Sekelompok ilmuwan dan arkeolog telah menemukan sebagian harta karun tersebut pada 2015 lalu. Menurut klaimnya, mereka telah menemukan beberapa kapal karam di perairan lepas pantai Madagaskar yang mirip dengan ciri kapal Kapten Kidd.

Bahkan, arkeolog juga menemukan sekitar 50 kilogram perak yang terdapat di dasar laut. Namun, banyak pihak masih meragukan penemuan tersebut. Ada kemungkinan bahwa harta karun yang mereka temukan hanyalah sebagian kecil benda-benda tidak berharga yang sengaja ditinggalkan oleh kelompok bajak laut Kapten Kidd.

Ada banyak pihak di dunia yang percaya bahwa harta karun Kapten Kidd terdiri dari emas dan perhiasan berharga lain yang jumlahnya sangat banyak. Malah, ada sebuah cerita legenda yang menyatakan bahwa jumlah emas milik Kapten Kidd sebanyak satu kapal dan itu semua ia sembunyikan di sebuah zona aman yang tidak diketahui oleh orang lain.

Sangat terkenal, 5 hal misterius di atas masih menjadi incaran dan buruan dari banyak orang di dunia. Bagaimana menurutmu? Apakah benda dan kota yang sempat hilang tersebut benar-benar bisa ditemukan di masa yang akan datang?

Sumber: idntimes.com