5 Negara yang Punya Aturan Aneh dan Paling Nyeleneh di Dunia

Setiap negara memiliki larangan dan aturan tersendiri yang sering diabaikan oleh orang luar. Terkadang aturan yang harus dilakukan setiap wisatawan terdengar nyeleneh, bahkan terkadang tak lazim dilakukan. Sebelum bepergian ke destinasi wisata tersebut, alangkah baiknya kalian perlu mencari tahu tentang hal-hal yang terkait dengan aturan di sana atau barang-barang yang tidak boleh dibawa keluar oleh wisatawan.

Berikut 5 negara yang punya aturan ”nyeleneh” yang harus dipatuhi wisatawan saat berlibur.

1. Inggris

Siapa yang tidak pernah mengantongi sedikit kerang atau kerikil saat mengunjungi pantai? Kebanyakan pengunjung pantai pastilah akan melakukan ‘ritual’ tersebut. Namun, sebagai wisatawan, kalian pasti bakalan berpikir ulang untuk mengambil kerang atau kerikil di pantai-pantai disekitar Provinsi Cornwall, Inggris.

Pihak otoritas Cornwall bahkan akan mengenakan denda hingga seribu poundsterling atau sebesar 17,4 juta rupiah bagi siapa saja yang kedapatan mencuri kerikil atau kerang di pantai. Peraturan tidak biasa ini kedengarannya mungkin tidak bakal diberlakukan dengan ketat, tetapi nyatanya pada tahun 2018 lalu, ada seorang wisatawan yang dipaksa kembali ke Cornwall untuk mengembalikan kerikil yang telah ia ambil, serta harus membayar denda karena tindakannya tersebut.

2. Italia

Berkeliaran di jalan-jalan kota wisata di Italia sambil menjilati gelato atau pizza mungkin adalah kegiatan wisata yang wajar. Namun, bagaimana jika ada kota di Italia yang melarang wisatawannya menikmati kota sembari menyantap camilan atau hidangan khas negara tersebut?

Pada kenyataannya, wisatawan tidak bisa seenaknya makan di tempat umum di Florence, Ibu Kota Provinsi Firenze yang terkenal dengan bangunan sejarahnya. Selama beberapa tahun, para warga Florence dibuat gerah lantaran para pelancong kerap membuat kekacauan dengan cara berpiknik dan makan-makan di daerah sekitar situs-situs wisata mereka, bahkan di gereja mereka.

Alhasil, pada 2018 lalu, Pemerintah Kota Florence pun kemudian membuat peraturan dengan melarang para wisatawan untuk makan di tempat umum. Jika ada wisatawan yang kedapatan melanggar peraturan tersebut, maka mereka harus membayar denda sekitar 150 sampai 500 euro atau sekitar 2,3 juta sampai 7,8 juta rupiah.

3. Prancis

Saat liburan, selain mengunjungi tempat wisata, wisatawan biasanya juga akan menggunakan waktunya untuk berbelanja. Namun, bila kalian sedang di Prancis, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan saat membeli dan akan membawa barang-barang bermerek tersebut pulang ke rumah.

Sebagai Negara Mode, Prancis sangat menjaga reputasinya dalam mengekspor barang-barang. Negara tersebut tidak mau kecolongan saat wisatawan membeli barang palsu dari negara mereka.

4. India

Saat memasuki sebuah negara, salah satu hal yang kalian lakukan adalah menukar uang yang kalian punya dengan mata uang negara tersebut. Uang itu yang nantinya bakal kalian gunakan selama liburan di sana agar lebih mudah dalam melakukan transaksi.

Namun, apabila saat akan pergi, ada negara yang memiliki sebuah aturan bahwa wisatawan tidak boleh membawa pulang uang koin mereka, yaitu India. Selain uang koin, semua uang tunai India juga harus dihabiskan atau ditukar kembali sebelum kalian meninggalkan negara tersebut.

5. Korea Utara

Sudah sejak lama Korea Utara dikenal sebagai negara yang sangat tertutup dengan dunia luar. Tak banyak yang bisa kita ketahui tentang negara yang dipimpin oleh Kim Jong-Un tersebut.

Korea Utara juga dikenal memiliki aturan yang sangat ketat kepada warganya, hal itu juga berlaku untuk wisatawan yang berkunjung ke negaranya. Wisatawan mancanegara yang melancong ke sana akan diberi seabrek peraturan yang harus dipatuhi. Salah satu peraturan yang paling nyeleneh adalah melarang wisatawan menyebut negaranya dengan ”Korea Utara”. Nama yang diperbolehkan adalah “Republik Demokratik Rakyat Korea” atau disingkat DPRK.

Selain itu, wisatawan juga tidak diizinkan menggunakan mata uang Korea Selatan saat melakukan transaksi. Alat tukar yang digunakan wisatawan saat berada di Korut adalah euro, yuan, dan dolar Amerika Serikat.

Nah itulah 5 Negara yang Punya Aturan Aneh dan Paling Nyeleneh di Dunia. Semoga Bermanfaat ya.

Sumber: kumparan.com