Kerja di Kapal Pesiar, Wow Ternyata Gini Fakta Aslinya!

Taman Ilmu – Apakah kalian pernah membayangkan kerja di kapal pesiar? Atau kalian punya kenalan yang bekerja di kapal pesiar? Nyatanya kerja di kapal pesiar nggak seindah yang kalian bayangkan loh! Ada banyak tantangan tersendiri bagi para pekerja yang bekerja di kapal pesiar yang nggak kalian tau dan nggak seindah yang kalian bayangkan.

Mungkin banyak orang yang berpikir enak ya kerja di kapal pesiar bisa jalan-jalan ke luar negeri, bisa keliling dunia, bisa dapet gaji dollar pula. Ya, itu mungkin yang ada di benak dan pikiran kalian. Tapi semua itu nggak seindah yang kalian bayangkan kok! Nyatanya kerja di kapal pesiar itu membutuhkan perjuangan dan kerja keras yang cukup besar dan belum lagi tuntutan pekerjaan yang harus dilakukan dengan tanggung jawab yang besar.

Biasanya, mereka yang bekerja di kapal pesiar juga nggak pulang selama beberapa bulan lamanya, tapi bisa juga sukses setelah pulang. Karena hal itulah banyak orang yang menganggap kerja di kapal pesiar itu pasti bergaji sangat besar. Meski gajinya cukup lumayan, tapi realita pekerjaan yang harus mereka hadapi ternyata nggak mudah lho!

Nah berikut 7 fakta kerja di kapal pesiar yang perlu kalian tau. Jangan cuma liat enaknya aja ya!

1. Kontrak kerja yang cukup lama.

Ya bekerja di kapal pesiar itu ternyata memiliki kontrak kerja yang cukup lama juga lho. Biasanya dari 6 sampai 8 bulan lamanya, bahkan ada yang sampai 1 tahun lamanya, tergantung perusahaan kapal pesiarnya juga, karena tiap perusahaan mempunyai kebijakan kontrak kerja yang berbeda beda antara satu perusahaan kapal pesiar dengan perusahaan yang lainnya.

2. Jam kerja yang cukup tinggi.

Untuk mendapat penghasilan yang tinggi, maka jam kerja mereka juga harus tinggi juga. Biasanya mereka harus bekerja selama kurang lebih 12 jam sehari. Nah buat kalian yang suka ngeluh kerja 8 jam sehari, kalian bisa bayangkan mereka yang kerja selama itu!

3. Nggak ada libur dalam bekerja.

Nah kalian mungkin banyak yang nggak tau tentang hal ini! Nyatanya bekerja di kapal pesiar itu nggak ada liburnya loh selama mereka bekerja di kapal, walaupun nggak semua kapal menerapkan kebijakan ini. Jadi selama bekerja di kapal pesiar tidak ada istilah hari minggu libur seperti pekerjaan pada umumnya. Jadi jangan kaget kalo nantinya kalian kerja di kapal pesiar ya!

4. Tingkat stress yang tinggi.

Karena mereka hidup di atas laut dengan beban kerja yang lumayan berat, maka tingkat stress mereka pun lumayan juga. Biasanya, untuk mengurangi stress, para crew kapal biasanya mengikuti hiburan yang ada di kapal seperti party, live music atau hiburan yang lain yang ada di kapal yang biasanya diadakan juga untuk para crew atau sekedar jalan-jalan ke luar kapal saat kapal sedang bersandar di suatu negara tertentu.

5. Kamar yang sempit.

Kamar istirahat para crew bisa dibilang cukup sempit juga loh. Biasanya dalam satu kamar ada 2 orang crew yang tinggal di kamar tersebut. Tapi semua itu tergantung juga posisi dan jabatan yang dipegang ya, semakin tinggi jabatan yang ditempati crew kapal tersebut, maka akan berbeda juga fasilitas yang di dapat, termasuk cabin atau kamar istirahatnya.

6. Kesepian.

Pernah membayangkan betapa kesepiannya para pekerja kapal pesiar ini? Ibarat lagu, perasaan mereka itu di dalam keramaian mereka masih merasa sepi. Jauh dari keluarga, anak atau istri tentu membuat kerinduan mereka semakin besar.

7. Pergi berlibur, tapi bukan liburan.

Mereka banyak menghabiskan waktunya di atas dek kapal. Saat kapal bersandar atau berlabuh, para penumpang akan turun untuk jalan-jalan dalam liburan mereka. Nah, nyatanya para crew tidak slalu bisa ikut turun pada saat kapal bersandar. Mereka yang masih pada jam kerja atau masih bekerja biasanya tidak bisa ikut turun seperti passanger lainnya. Jadi kalau mau ikut turun jalan jalan harus pada jam istirahat mereka.

Nah itulah kenyataannya pahit di balik manisnya uang yang dihasilkan oleh para pekerja kapal pesiar ini. Nggak semua yang terlihat berkilau itu indah bukan?

Baca Juga: 5 Negara yang Punya Aturan Aneh dan Paling Nyeleneh di Dunia